Search for collections on IAIN Manado Repository

PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 2 MANADO

Pontoh, Medina Salsabila (2025) PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 2 MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Skripsi-Medina Salsabila Pontoh-1 - medina salsabila pontoh.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh reward terhadap motivasi belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Manado, (2) pengaruh punishment terhadap motivasi belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Manado, (3) pengaruh reward dan punishment secara simultan terhadap motivasi belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Manado. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar peserta didik baik secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian reward terhadap motivasi belajar dengan memperoleh thitung (2,786) > ttabel (1,662) dan nilai signifikansi (0,006) < (0,05). Artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Berarti dapat disimpulkan bahwa secara parsial ada pengaruh positif signifikan variabel reward (X1) terhadap variabel Y (Motivasi belajar). (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian punishment dengan memperoleh thitung (5,422) > ttabel (1,662) dan nilai signifikansi (0,000) < (0,05). Artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Berarti dapat disimpulkan bahwa secara parsial ada pengaruh positif signifikan variabel punishment (X2) terhadap variabel Y (Motivasi belajar). (3) Berdasarkan hasil uji F yang ditampilkan pada tabel ANOVA, diperoleh nilai Fhitung (65,609) > Ftabel (3,10) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel reward (X1) dan punishment (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar (Y). Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Reward dan Punishment, Motivasi belajar, SMP Negeri 2 Manado

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 19 Oct 2025 02:24
Last Modified: 19 Oct 2025 02:24
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2423

Actions (login required)

View Item View Item