Kaluara, Indrayani (2025) PERAN GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI PROFETIK PADA SISWA KELAS XI DI MAN MODEL 1 PLUS KETERAMPILAN MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.
![]() |
Text
Skripsi_Indrayani_Kaluara_20223011. - Indrayani Kaluara.docx Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peran guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam menanamkan nilai-nilai Profetik pada siswa kelas XI di MAN Model 1 Plus Keterampilan Manado, (2) Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Profetik di MAN Model 1 Plus Keterampilan Manado, (3) Faktor Pendukung dan Penghambat terhadap pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Model 1 Plus Keterampilan Manado. Jenis penelitian ini menggunakan data kualitatif, yaitu suatu prosedur dalam proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, hasil dari lisan orang-orang, perilaku yang dapat diamati dan fenomena yang muncul. Sumber data penilitian ini Kepala MAN Model 1 Plus Keterampilan Manado. Guru Sejarah Kebudayaan Islam sebagai sumber utama, dan 7 orang siswa-siswi kelas XI. Selanjutnya, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Peran Guru Sejarah Kebudaayan Islam terdapat nilai-nilai profetik yang ditemukan dalam proses pembelajarannya, yaitu pertama penanaman nilai profetik pada setiap pokok materi ajar berupa keteladanan menghargai orang lain, kedisiplinan waktu, dan dorongan amar maruf nahi munkar. Penanaman nilai profetik kedua di luar kelas, berupa melaksanakan sholat tepat waktu, bersalaman dengan guru dan orang yang lebih tua. Ketiga penanaman nilai profetik dalam bentuk punishment (2) Metode Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam menanamkan nilai-nilai profetik melalui metode ceramah, metode diskusi, dan metode uswatun hasanah. (3) Terdapat beberapa faktor pendukung yaitu kolaborasi kepala madrasah dengan guru, respon positif siswa dan penghambat yang ditemukan dalam pembelajarannya kurangnya inovasi guru dalam metode yang digunakan, dan pengaruh buruk budaya asing terhadap akhlak dan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 04:57 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 04:57 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2321 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |