PENGGUNAAN APLIKASI RUANGGURU DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTS NEGERI 1 MANADO

Bongkang, Andi Darmawan (2020) PENGGUNAAN APLIKASI RUANGGURU DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTS NEGERI 1 MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI ANDI DARMAWAN BONGKANG (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama Penyusun : Andi Darmawan Bongkang N.I.M : 15.2.3.117 Fakultas : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi : Pendidikan Agama Islam Judul Skripsi : “Penggunaan aplikasi ruangguru dalam peningkatan hasil belajar siswa di MTs Negeri 1 Manado” Skripsi ini membahas tentang “Penggunaan aplikasi ruangguru dalam peningkatan hasil belajar siswa di MTs Negeri 1 Manado”. Judul skripsi ini diangkat berdasarakan latar belakang masalah yang ditemukan di tempat penelitian mengenai antusiasnya siswa-siswi MTs Negeri 1 Manado menggunakan aplikasi ruangguru berbasis e-learning sebagai sumber belajar. Penggunaan sumber belajar berbasis e-learning merupakan hal yang baru pada kurikulum pembelajaran di MTs Negeri 1 Manado. Sejak diadakannya sosialisasi mengenai aplikasi ruangguru pada bulan November 2019, tak sedikit siswa-siswi di MTs Negeri 1 Manado tertarik menggunakan salah satu teknologi pembelajaran ini. Maka dari itu, penulis merumuskan tiga pertanyaan penelitian yang merupakan rumusan masalah, yaitu : Bagaimana penggunaan aplikasi ruang guru, Bagaimana korelasi antara Aplikasi Ruangguru dengan Kegiatan Belajar Mengajar di MTs Negeri 1 Manado dan Bagaimana Efektivitas penggunaan aplikasi ruang guru dalam peningkatan hasil belajar siswa di MTs Negeri 1 Manado?. Untuk menjawab dua pertanyaan penelitian diatas, maka pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif, dimana penulis berusaha menggambarkan fenomena yang terjadi berdasarkan fakta, dengan menggunakan tiga instrument dalam pengumpulan data pada tempat penelitian, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun beberapa objek penelitian yaitu, Guru/Wali kelas MTs Negeri 1 Manado, siswa kelas VII, siswa kelas VIII dan siswa kelas IX yang pada pengambillan sampel menyesuaikan dengan siswa pengguna aplikasi ruang guru. Dari langkah-langkah yang penulis tempuh, maka penulis mendapatkan jawaban dari pertanyaan penelitian bahwa: penggunaan aplikasi ruang guru dalam peningkatan hasil belajar siswa efektif dalam pembelajaran Qur‟an Hadis didukung dengan fitur ruangngaji yang membahas seputar materi pada pelajaran Qur‟an Hadis. Dengan adanya fitur pendukung selain belajar seperti, kuis yang didukung dengan video belajar, maupun soal-soal yang diberikan dengan cara yang berbeda sehingga hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara signifikan. Kata Kunci: Aplikasi Ruangguru, Hasil Belajar, Sumber Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:36
Last Modified: 23 Nov 2023 07:36
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1300

Actions (login required)

View Item View Item