Potabuga, Anastasya Kamila (2025) PENERAPAN METODE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTs MIFTAHUL KHOIR BUYAT. Diploma thesis, IAIN MANADO.
|
Text
Sampul, BAB I-III dan Dapus - Tasya kamila Potabuga.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan metode Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di kelas IX A MTs Miftahul Khoir Buyat Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode Talking Stick merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses belajar melalui kegiatan tanya jawab menggunakan tongkat sebagai alat bantu. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX A yang berjumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisi data menggunakan teknik persentase deskritif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada setiap siklus. Pada siklus I, hanya 3 orang siswa (21,4%) yang mencapai nilai tuntas, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 9 siswa (64,2%). Walaupun masih terdapat beberapa kendala, seperti kehadiran siswa yang belum maksimal, secara umum metode Talking Stick mampu menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, interaktif, dan menyenangkan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan melalui dua siklus tindakan, dapat di tarik kesimpulan bahwa penerapan metode Talking Stick terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih. Hal ini ditunjukkan oleh meningkatnya jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari siklus I ke siklus II. Metode Talking Stick mampu menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, interaktif, dan menyenangkan, sehingga mendorong siswa untuk lebih fokus dan berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, penggunaan metode Talking Stick sangat direkomendasikan sebagai salah satu strategi pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Fikih. Kata Kunci : Talking Stick , Strategi pembelajaran,Prestasi Belajar Siswa
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 07:18 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 07:18 |
| URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2459 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
