Search for collections on IAIN Manado Repository

PERAN GURU AGAMA DALAM PENDIDIKAN TOLERANSI DI SMK NEGERI 4 MANADO

Dunggio, Dian Rosama (2025) PERAN GURU AGAMA DALAM PENDIDIKAN TOLERANSI DI SMK NEGERI 4 MANADO. Masters thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
BAB I-BAB III - Irmawaty Laiya.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perilaku toleransi terhadap siswa beda agama antara lain saling menghargai dan saling menghormati seperti tidak membeda-bedakan, menghargai orang lain, menerima perbedaan, menghormati keyakinan orang lain. Untuk itu diperlukan peran guru pendidikan agama islam dalam menanamkan perilaku toleransi. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan perilaku toleransi yang dilakukan siswa beda agama di SMK Negeri 4 Manado, (2) mendeskripsikan peran guru pendidikan agama islam dalam menamankan perilaku toleransi terhadap siswa beda agama di SMK Negeri 4 Manado, (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam menanamkan perilaku toleransi siswa beda agama di SMK Negeri 4 Manado. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama islam dan siswa. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, (1) data primer (2) data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu, (1) reduksi data, (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Pada teknik keabsahan data dalam penelitian ini, pemeriksaan dengan triangulasi teknik, sumber dan waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perilaku toleransi yang dilakukan siswa beda agama di SMK Negeri 4 Manado antara lain: perilaku saling menghargai, saling menghormati keyakinan yang dimiliki siswa lainnya, memerima perbedaan orang lain serta tidak menbeda-bedakan dan tetap menjalin silahturahmi dengan baik dilingkungan sekolah. (2) Peran guru pendidikan agama islam dalam menanamkan perilaku toleransi terhadap siswa beda agama di SMK Negeri 4 Manado yaitu: guru sebagai pendidik, guru sebagai pengajar, guru sebagai teladan, guru sebagai motivator, guru sebagai pembawa berita, guru sebagai pembimbing, serta senantiasa memberikan, pemahaman wawasan pengerahuan, contoh, membimbing, mengarahkan, dan memotivasi untuk dapat menanamkan perilaku toleransi ini kepada setiap siswa sehingga dapat mempengaruhi kepada perbuatan perilakunya menjadi lebih baik. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam menanamkan perilaku toleransi terhadap siswa beda agama di SMK Negeri 4 Manado antara lain: faktor penghambat: kurangan sarana dan prasanan yang tersedia disekolah, minimnya bahan ajar atau media pembelajaran serta kurangnya pemahaman pengetahuan kesadaran siswa dan belum memadainya fasiltas ruangan buat kegitan agama non muslim.. Faktor pendukung: lingkungan yang baik, guru yang kompeten, pihak sekolah yang senantiasa mendukung setiap kegiatan sekolah. Kata kunci : Peran, Pendidikan Agama Islam, Perilaku Toleransi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 24 Oct 2025 03:44
Last Modified: 24 Oct 2025 03:44
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2457

Actions (login required)

View Item View Item