Search for collections on IAIN Manado Repository

IMPLEMENTASI REWARD AND PUNISHMENT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS VI MI AT-TAQWA MANADO

YACOBS, SRI KURNIATI NINGSI (2025) IMPLEMENTASI REWARD AND PUNISHMENT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS VI MI AT-TAQWA MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Skripsi Bab I-3 Sri K Ningsi Yacobs - sri yacobs.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi pemberian reward dan punishment dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas VI MI At-Taqwa Manado. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, wali kelas VI, guru mata pelajaran, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini juga melakukan analisis data dan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi reward, baik dalam bentuk verbal seperti pujian maupun fisik seperti pemberian snack dan tambahan nilai, berfungsi sebagai penguatan positif yang signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Reward ini tidak hanya meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran, tetapi juga memperkuat rasa percaya diri dan semangat mereka untuk belajar mata pelajaran Bahasa Inggris. Di sisi lain, penerapan punishment yang dilakukan dengan bijaksana berperan penting dalam menegakkan disiplin dan mendorong siswa untuk memperbaiki perilaku mereka. Penelitian ini mengacu pada teori Skinner dan Thorndike, yang menekankan pentingnya keseimbangan antara kedua pendekatan tersebut untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Kombinasi yang seimbang antara reward dan punishment menciptakan suasana belajar yang kondusif, di mana siswa merasa dihargai dan termotivasi untuk berpartisipasi aktif. Selain itu, implementasi kedua pendekatan ini juga membantu siswa mengembangkan disiplin dan tanggung jawab, keterampilan yang sangat penting dalam pendidikan dan kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan bahwa penerapan sistem reward dan punishment yang efektif dapat berkontribusi pada peningkatan hasil belajar dan perkembangan karakter siswa di masa depan. Kata Kunci: Reward, Punishment, Motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibitidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 21 Oct 2025 01:24
Last Modified: 21 Oct 2025 01:24
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2435

Actions (login required)

View Item View Item