Ma'u, Widya Hafidza (2025) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH (ASWAJA) DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS NURUT TAQWA MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.
![]() |
Text
Skripsi Widya Hafidza Ma'u - widya hafidza.pdf Download (3MB) |
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi dari pengamatan penulis di MTs Nurut Taqwa Manado tentang pembentukan karakter siswa yang dapat dilakukan melalui pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai ASWAJA. Terkhusus dalam konteks Pendidikan Agama Islam, bahwa nilai-nilai seperti tawassuth (moderat) dan tasamuh (toleran) menjadi landasan penting bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi nilai tawassuth (moderat) dan tasamuh (toleran) dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Nurut Taqwa Manado. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi (content analysis). Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai tawassuth dilakukan melalui integrasi nilai-nilai moderasi dalam materi pembelajaran dan keteladanan guru dalam bersikap adil, santun, serta terbuka terhadap perbedaan. Guru berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan inklusif. Sebagian besar siswa menunjukkan sikap moderat dalam interaksi sosial, mampu menghargai perbedaan, dan menjaga keharmonisan hubungan antara individu. Namun demikian, masih terdapat beberapa siswa yang mengalami kendala seperti kesulitan dalam mengelola emosi, rendahnya rasa percaya diri, serta ketidakjelasan dalam bersikap adil. Sementara itu, nilai tasamuh diimplementasikan melalui pembiasaan sikap saling menghargai perbedaan, baik dalam konteks keberagaman agama, budaya, maupun sosial. Nilai ini dipahami sebagai bagian integral dari akhlak Islami yang ditekankan dalam pembelajaran Aqidah Akhlak. Meskipun mayoritas siswa mampu menerapkan sikap toleransi, tantangan seperti pemahaman yang terbatas, pengaruh lingkungan eksternal yang kurang mendukung, serta kendala pengendalian diri masih ditemukan. Dengan demikian, implementasi nilai tawassuth dan tasamuh di MTs Nurut Taqwa Manado telah memberikan kontribusi positif dalam pembentukan karakter siswa. Namun, diperlukan upaya pembinaan berkelanjutan dan keterlibatan semua pihak agar internalisasi nilai-nilai tersebut dapat berjalan secara konsisten dan menyeluruh. Kata Kunci: Ahlus Sunnah wal Jamaah, Tawassuth, Tasamuh, Pembelajaran Aqidah Akhlak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 19 Oct 2025 02:16 |
Last Modified: | 19 Oct 2025 02:16 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2421 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |