Humoka, Rian (2025) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK DOSEN PRODI PAI FTIK IAIN MANADO (DITINJAU DALAM PENGELOLAAN KELAS DAN PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN). Diploma thesis, IAIN MANADO.
![]() |
Text
SKRIPSI BAB 1-3, + DAFTAR PUSTAKA - RIAN HUMOKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kompetensi pedagogik dosen Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado (Ditinjau dalam pengelolaan kelas dan penggunaan strategi pembelajaran). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang berfokus objek penelitian pada persepsi mahasiswa terhadap kompetensi pedagogik dosen prodi PAI FTIK di IAIN Manado khususnya tiga dosen PAI yaitu Prof. Dr. Muh. Idris, M.Ag., Dr. Abdul Latif, M.Pd., dan Bapak Faisal Ade, M.Pd., teknik pengumpulan data kuesioner atau angket dengan meggunakan skala likert, dan wawancara mendalam. Di samping itu, validitas data diperiksa melalui Teknik triangulasi. Informan dalam penelitian yang menggunakan metode kuesioner berjumlah 60 mahasiswa, sedangkan narasumber dengan menggunakan metode wawancara berjumlah 9 mahsiswa PAI Angkatan 2022. Berdasarkan hasil penelitian, dalam aspek pengelolaan kelas dosen-dosen tersebut mendapatkan kategori sangat baik. Adapun dalam aspek penggunaan strategi pembelajaran dosen-dosen tersebut mendapatkan kategori sangat baik. Begitupun dengan hasil wawancara, dalam aspek mengelola kelas dan dalam penggunaan startegi pembelajaran dosen-dosen tersebut mendapatkan persepsi yang sangat baik dari mahasiswa. Adapun faktor penghambat bagi dosen dalam mengelola kelas dan dalam menggunakan strategi pembelajaran meliputi jumlah mahasiswa yang terlalu banyak, keterbatasan waktu pembelajaran, minimnya fasilitas pendukung seperti Lcd Proyektor, serta rendahnya partisipasi mahasiswa dalam proses belajar. Selain itu, keterbatasan penguasaan teknologi, beban kerja dosen yang tinggi, serta kurangnya pelatihan pedagogik. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan pedagogik berkelanjutan serta integrasi teknologi dalam proses pembelajaran untuk mendukung kualitas pendidikan di Prodi PAI FTIK IAIN Manado. Kata Kunci: Kompetensi pedagogik, Dosen, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 06:37 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 06:37 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2395 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |