Search for collections on IAIN Manado Repository

STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMA NEGERI 1 POIGAR KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW PROVINSI SULAWESI UTARA

LUWUNAUNG, LISTI (2025) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMA NEGERI 1 POIGAR KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW PROVINSI SULAWESI UTARA. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI BAB 123-DAPUS - Listi Luwunaung.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Negeri 1 Poigar Kabupaten Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara dan untuk mengetahui hubungan antara para guru yang berasal dari latar belakang agama Islam dan non-Islam, serta mengidentifikasi faktor yang menjadi hambatan dalam meningkatkan profesionalisme guru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan selama bulan April tahun 2025. Adapun informan yang terlibat dalam penelitian ini mencakup kepala sekolah, guru mata pelajaran Pendidikan Agama, serta beberapa siswa yang dipilih sebagai responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung di lingkungan sekolah, wawancara mendalam dengan para informan terhadap berbagai dokumen pendukung yang relevan. Dalam proses analisis data, peneliti menggunakan model analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, yang meliputi tiga tahap utama: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Muslim di SMA Negeri 1 Poigar berhasil menerapkan strategi yang menggabungkan nilai-nilai Islami dan manajerial secara profesional. Kepala Sekolah berhasil membangun hubungan yang kuat dan toleran antara guru Muslim dan non-Muslim. Melalui kegiatan keagamaan bersama, pelatihan digital, workshop, dan kegiatan sosial lintas agama, tercipta suasana yang penuh kerja sama, saling menghargai, dan toleransi. Tantangan yang dihadapi meliputi faktor internal seperti rendahnya disiplin sebagian guru, serta faktor eksternal seperti keterbatasan anggaran dan fasilitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 11 Oct 2025 08:01
Last Modified: 11 Oct 2025 08:01
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2378

Actions (login required)

View Item View Item