Search for collections on IAIN Manado Repository

IMPLEMENTASI SISTEM ZONASI PADA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI DI KOTAMOBAGU

PEASU, IRVAN (2025) IMPLEMENTASI SISTEM ZONASI PADA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI DI KOTAMOBAGU. Masters thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
BAB 1,2,3 daftar pustaka - IRVAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kotamobagu, Sulawesi Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Berdasarkan tujuan tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi sistem zonasi pada penerimaan peserta didik baru Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kotamobagu? dan (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi sistem zonasi pada penerimaan peserta didik baru Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kotamobagu? Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari data primer yang diperoleh dari 29 informan, termasuk pejabat dinas pendidikan, kepala sekolah, guru, operator PPDB, dan siswa, serta data sekunder berupa dokumen- dokumen resmi sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan sistem zonasi PPDB tahun 2024 di SMP Negeri se-Kotamobagu telah berjalan sesuai regulasi nasional, khususnya Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021, dengan prinsip Objektif, transparan, dan akuntabel. Proses pendaftaran dilakukan secara daring dengan dukungan verifikasi data yang ketat dan layanan manual sebagai bentuk inklusivitas. (2) Faktor pendukung implementasi sistem zonasi meliputi kepatuhan terhadap regulasi, sistem PPDB online terintegrasi, pengawasan dari Dinas Pendidikan, serta sosialisasi dan layanan bantuan yang efektif. Namun, pelaksanaan masih menghadapi hambatan seperti persepsi publik yang tidak merata terhadap kualitas sekolah, keterbatasan daya tampung, rendahnya literasi digital, serta kurang optimalnya pemanfaatan jalur afirmasi dan prestasi. Oleh karena itu, meskipun sistem zonasi di Kotamobagu telah menunjukkan pelaksanaan yang tertib dan profesional, dibutuhkan penguatan dari aspek pemerataan mutu pendidikan, kesiapan teknologi, dan keterlibatan masyarakat untuk mewujudkan keadilan pendidikan yang berkelanjutan. Kata Kunci: PPDB dan Sistem Zonasi Sekolah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 13 Sep 2025 02:43
Last Modified: 13 Sep 2025 02:43
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2324

Actions (login required)

View Item View Item