Search for collections on IAIN Manado Repository

IMPLEMENTASI TEKNIK MOZAIK DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA SISWA KELAS IBNU ABBAS KELOMPOK A DI RA KARAKTER ASSALAM MANADO

Diko, Nur Ayn (2025) IMPLEMENTASI TEKNIK MOZAIK DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA SISWA KELAS IBNU ABBAS KELOMPOK A DI RA KARAKTER ASSALAM MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Bagi Skripsi Ain BAB 1-3 - Ain Diko.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Teknik Mozaik dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Siswa Kelas Ibnu Abbas Kelompok A di RA Karakter Assalam Manado. Tujuan penelitian tindakan kelas yaitu: untuk mengetahui kegiatan mozaik dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada siswa Kelas Ibnu Abbas Kelompok A di RA. Karakter Assalam Manado. Metode penelitian: merupakan penelitian tindakan kelas, dengan jumlah siswa 10 orang dan jumlah yaitu tahap observasi awal, siklus pertama dan siklus ke dua. Setiap siklus melalui 4 (empat) langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian: Penilaian teman sejawat siklus pertama pelaksanaan teknik mozaik pada pembelajaran mempunyai nilai rata-rata aspek materi 80 aspek intonasi suara 85 aspek sistematika penyajian 80 dan menjawab pertanyaan mempunyai nilai 75. Sedangkan siklus ke dua mempunyai nilai rata-rata aspek materi 85 aspek intonasi suara 90 aspek sistematika penyajian 80 dan menjawab pertanyaan mempunyai nilai 80. Menunjukkan ada peningkatan kualitas pelaksanaan teknik mozaik dalam pembelajaran pada siswa kelas Ibnu Abbas kelompok A di RA. Karakter Assalam. Penilaian motorik halus pada siklus pertama didapatkan hasil yaitu kategori belum berkembang berjumlah 2 siswa, mulai berkembang berjumlah 2 siswa, berkembang sesuai harapan berjumlah 3 siswa dan berkembang sangat baik berjumlah 2 siswa. Pada siklus ke dua dengan kategori mulai berkembang berjumlah 1 siswa, berkembang sesuai harapan berjumlah 2 siswa dan berkembang sangat baik berjumlah 7 siswa. Persamaan dari siklus-1 belum berkembang dan mulai berkembang, dengan siklus-2 berkembang sesuai harapan masing-masing jumlah 2 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa ada perkembangan motorik halus siswa jika di bandingkan dengan hasil penilaian pada siklus pertama. Saran: 1) Mempersiapkan bahan dan alat yang diperlukan dalam mengimplementasikan teknik mozaik, sehingga dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik; 2) Dalam proses pembelajaran guru harus memperhatikan keaktifan siswa selama pembelajaran, sehingga diharapkan dalam pembelajaran semua siswa aktif, dan dapat mengerjakan tugas dengan baik. Kata Kunci : Teknik, Mozaik, Pembelajaran, Motorik Halus

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2025 03:50
Last Modified: 30 Aug 2025 03:50
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2295

Actions (login required)

View Item View Item