Mamonto, Mohamad Fikri Hidayat Mamonto (2025) PENERAPAN STRATEGI PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS PADA SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH AL-HIKMAH MOGUTAT KOTAMOBAGU. Diploma thesis, IAIN MANADO.
![]() |
Text
SKRIPSI FIKRI (SAMPUL,BAB 1,2,3, DAFTAR PUSTAKA) - Fikri Mamonto.pdf Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan Penerapan Strategi Peta Konsep hasil belajar siswa kelas XI dapat meninggkat. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan tekhnik observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini juga melakukan teknik analisis data statistik deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 21 siswa di kelas XI Madrasah Aliyah Al-Hikmah Mogutat Kotamobagu. Hasil data observasi siswa diperoleh pada siklus I pertemuan kesatu diperoleh persentase 66% dan pada pertemuan yang kedua mengalami peningkatan sebesar 6% diperoleh persentase hasil observasi siklus I pertemuan 2 yaitu 72%. Diperoleh hasil data observasi siswa pada siklus II pertemuan I mengalami peningkatan yakni 22% dimana data yang diperoleh sebesar 94%. Hal ini dapat dilihat bahwa terjadinya peningkatan pada setiap siklus dikarenakan peserta didik sudah mulai maksimal dalam mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Strategi Peta Konsep dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran al-Qur’an Hadis kelas XI di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Mogutat Kotamobagu. Besarnya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I yakni 68% dengan nilai rata-rata 72% dan meningkat menjadi 100% dengan nilai rata-rata 91% pada siklus II. Kata Kunci: Peningkatan, Hasil Belajar al-Qur’an Hadis, Strategi Peta Konsep
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 03:36 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 03:36 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2255 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |