Search for collections on IAIN Manado Repository

IMPLEMENTASI MANAJEMEN PELATIHAN BRAIN BASED LEARNING DI LEMBAGA PELATIHAN SEKOLAH OTAK INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KAPASITAS ASN PEMERINTAH DAERAH

SEPTIAN SUBHAN DWI PUTRO, SEPTIAN SUBHAN DWI PUTRO (2025) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PELATIHAN BRAIN BASED LEARNING DI LEMBAGA PELATIHAN SEKOLAH OTAK INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KAPASITAS ASN PEMERINTAH DAERAH. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI SEPTIAN ALL.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pelatihan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan bagian penting dalam peningkatan kapasitas dan kualitas pelayanan publik. Salah satu metode pelatihan inovatif yang digunakan dalam pengembangan kompetensi ASN adalah Brain Based Learning (BBL), yang didasarkan pada prinsip-prinsip neuroscience dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen pelatihan BBL di Sekolah Otak Indonesia, mengidentifikasi kendala dalam pelaksanaannya, serta mengevaluasi dampaknya terhadap peningkatan kapasitas ASN pemerintah daerah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. menunjukkan bahwa implementasi manajemen pelatihan Brain Based Learning dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang berfokus pada optimalisasi kinerja otak peserta berjalan dengan baik. Kendala yang didapati terkait keterbatasan waktu dan kurangnya frekuensi pelatihan. Uji keabsahan data hasil penelitian melalui Tabel Triangulasi Data yang berisi : data sebelum pelatihan, sesudah pelatihan dan temuan indikator perubahan dari hasil pelatihan Brain Based Learning di Lembaga Pelatihan Sekolah Otak Indonesia ini sehingga hasilnya dapat dinyatakan akurat dan terbukti memberikan dampak positif terhadap peningkatan kapasitas ASN dalam hal keterampilan kognitif, pemecahan masalah, serta kemampuan adaptasi terhadap perubahan dan teknologi. Pelatihan Brain-Based Learning dapat menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan kompetensi ASN. Agar berhasil, diperlukan dukungan kebijakan intitusi, desain pelatihan yang sesuai dengan prinsip neuroscience, serta pemanfaatan teknologi. Dengan penerapan yang tepat, pelatihan ini dapat membantu ASN bekerja lebih efektif, inovatif, responsive dan adaptif terhadap tuntutan perubahan zaman. Kata Kunci: Brain Based Learning, Sekolah Otak Indonesia, Neuroscience, Manajemen Pelatihan, Kapasitas ASN Pemerintah Daerah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 25 Aug 2025 08:36
Last Modified: 25 Aug 2025 08:36
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2245

Actions (login required)

View Item View Item