Tokolang, Nafila (2025) IMPLEMENTASI METODE MURAJA’AH DALAM PENGUATAN HAFALAN AL-QURAN PADA SISWA KELAS VIII D DI MTS NEGERI I BOLAANG MONGONDOW TIMUR. Diploma thesis, IAIN MANADO.
![]() |
Text
Sampul dan BAB 1-3 - Zikrul IAIN Manado.pdf Download (945kB) |
Abstract
Pokok masalah ini adalah bertujuan untuk mengetahui: 1) pengimplementasian metode Muraja’ah dalam Penguatan hafalan al-Quran Pada Siswa Kelas VIII D di Mts Negeri 1 Bolaang Mongondow Timur; 2) faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode Muraja’ah dalam penguatan hafalan al-Quran Pada Siswa Kelas VIII D di Mts Negeri 1 Bolaang Mongondow Timur Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan penelitian adalah Kepala madrasah, waka kesiswaan, wali kelas VIII D dan siswa kelas VIII D. Teknik pengumpuluan Data yang dipakai adalah Observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang dipakai adalah triangulasi sumber, triangulasi Teknik, dan triangulasi waktu. Data yang terkumpul dianalisis dengan induktif Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa 1) Kegiatan Muraja’ah dilaksanakan setiap hari pada pagi hari sebelum KBM pada jam 07:00 sampai dengan jam 07:35. Terkait pelaksanaan di MTs Negeri 1 Bolaang Mongondow Timur yaitu siswa diberi hafalan jus 30 tetapi dibagi setiap semester dan pada saat di kelas siswa akan Muraja’ah hafalanya yang sebelumnya sudah ada arahan dari wali kelas, setelah sudah lancar hafalannya akan menyetor pada walikelas dan jika sudah memenuhi kriteria banyaknya hafalan wali kelas akan mengarakan untuk melanjutkan hafalannya pada penguji. Jika sudah selesai hafalannya dan sudah cukup peserta didiknya akan diadakan wisudah dan dengan adanya metode Muraja’ah dapat meningkatkan kualitas hafalan walaupun beberapa siswa yang sudah memiliki hafalan yang baik dan bacaan yang lancar dapat membantu siswa lainnya 2) Hal pendukung dalam kegiatan yaitu dukungan dari pihak madrasah dengan mengadakan fasilitas, diadakan wisuda dan adanya motivasi dari guru. Sedangkan faktor penghambat yaitu: ada siswa yang bacaannya masi Iqra, sering merasa bosan, kurangnya kontrol dari orang tua, dan penggunaan gedget yang dan berlebihan Siswa gampang terpengaruh oleh lingkungan dan dari hasil data menyatakan bahwa metode Muraja’ah dapat meningkatkan kualitas hafalan pada siswa. Kata Kunci: Al-Quran, Hafalam, Metode Muraja’ah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 02:09 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 02:09 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2238 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |