Lularo, Anisa (2025) Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun di RA Ar-Rahmah Manado. Diploma thesis, IAIN MANADO.
![]() |
Text
LEMBAR AWAL, BAB1, BAB2 & BAB3 - YULI POERNOMO.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana peranan orang tua dalam menjalani pola pengasuhannya selama berada di rumah sehingga berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan diri anaknya ketika berada di lingkungan pra-sekolah (PAUD). Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif atau penelitian lapangan (field research) dengan memadukan pendekatan korelasional yaitu pendekatan yang meneliti tingkat hubungan antara variabel yang satu dengan variabel lainnya. Dalam penelitian ini menggunakan dua variabel utama, yaitu variabel (X) = Anak dan (Y) Orang Tua. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dilengkapi dengan instrumen penelitian yang dimiliki dan teknik analisis data menggunakan teori tringulasi, yaitu penggunaan multiple teori dengan penggunaan lebih dari satu teori atau ada beberapa perspektif yang menginterpretasikan sejumlah data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sembilan belas peserta didik yang menjadi objek penelitian, hanya masuk pada tiga indikator penilaian aspek kepercayaan diri dengan variabel (X), dari lima indikator yang sudah disiapkan. Kemudian dari variabel (Y) mengenai pola asuh orang tua yang semula hanya terdapat empat indikator (demokratis, otoriter, permisif, penelantaran), bertambah satu dengan (komparasi). Akhirnya menjadikan penelitian ini akan kaya dengan berbagai pengaruh yang ditimbulkan dari lima jenis pola asuh yang diterapkan orang tua, sehingga berpengaruh silang dan beragam kepada aspek kepercayaan diri anaknya ketika berada di sekolah. Implikasi dari penelitian ini adalah suatu pengalaman berharga terhadap pihak sekolah terutama para guru yang menangani peserta didik di dalam kelas dengan menambah khazanah keilmuan tentang bagaimana cara menangani peserta didik yang memiliki perbedaan pola asuh di rumahnya masing-masing. Kepada orang tua juga sangat diharapkan untuk dapat lebih mempelajari dan memahami lebih baik lagi tentang pola asuh, mengurangi pemberian gadget pada anak, kemudian memberikan tanggungjawab sepenuhnya pengasuhan kepada pihak sekolah dan mulai saling berkoordinasi dengan pihak sekolah tentang bagaimana cara pengasuhan yang baik kepada anaknya. Sehingga dapat menjadikan anak memiliki aspek kepercayaan diri yang baik dan konsisten, atau bahkan meningkat. Kata kunci: Anak Usia Dini, Pola Asuh, Kepercayaan Diri, Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 06:19 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 06:19 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2233 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |