Mamonto, Fara Yustisya (2025) THE FUNCTIONS OF AND STUDENTS PERCEPTION ON INSTRUCTOR’S CODE-SWITCHING IN ENGLISH LEARNING AT IAIN MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.
![]() |
Text
THESIS FARA MAMONTO - fara mamonto.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan Psikologi Islam mengenai penggunaan alih kode oleh pengajar dalam pembelajaran bahasa Inggris di kalangan mahasiswa semester 1 di IAIN Manado. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara sebagai instrumen utama. Temuan menunjukkan bahwa pengajar sering menggunakan kombinasi bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, dengan sesekali menggunakan bahasa Melayu Manado, selama pembelajaran. Temuan utama menunjukkan bahwa pengalihan kode digunakan untuk memperjelas konsep-konsep yang sulit dan meningkatkan pemahaman, serta membina hubungan yang lebih kuat antara pengajar dan siswa. Para siswa menghargai pendekatan dwibahasa ini, karena membantu retensi kosakata dan mendukung kemampuan mendengar dan berbicara dalam bahasa Inggris. Secara keseluruhan, penggunaan beberapa bahasa secara strategis dalam pengajaran bahasa Inggris dianggap positif, memfasilitasi pemahaman yang lebih baik dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Kata kunci: Alih kode, persepsi siswa, pembelajaran bahasa inggris
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Profesi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Tadris Bahasa Inggris |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 04:08 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 04:08 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2144 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |