Manoppo, Indah Nur’aini Aprilla (2024) SELF EFFICACY DAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) MODEL 1 PLUS KETERAMPILAN MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.
![]() |
Text
SKRIPSI- Indah - Indah Nuraini.pdf Download (5MB) |
Abstract
Melihat pada lingkungan sekolah respon seorang siswa terhadap pola belajar yang kurang memadai dapat mempengaruhi tingkat keyakinan diri dan hasil belajar. Setiap siswa mempunyai kemampuan, serta cara yang berbeda-beda untuk membangkitkan semangat dalam proses belajar, memotivasi diri untuk belajar yang tinggi akan mendorong siswa mencapai hasil yang diinginkan. Dalam hal ini sekolah membantu mendorong siswa untuk lebih mampu dan lebih baik agar bisa melakukan observasi, berani bertanya, dapat memegang tanggung jawab, berani mengutarakan pendapat diri sendiri, serta mampu menguasai pengetahuan setelah menerima materi pembelajaran. Keyakinan siswa terhadap diri sendiri menjadi faktor penting untuk mempengaruhi proses belajar yang baik. Pada proses pembelajaran motivasi berperan penting karena mendorong perilaku yang lebih kuat untuk belajar, begitupun dengan peran self-efficacy pada diri akan mempengaruhi seseorang dalam hal perasaan, berpikir, serta bertindak dan semua itu bergantung pada kebiasaan individu yang akan merubahnya. Kepercayaan diri siswa di kelas dalam hal adaptasi, kemampuan kognitif, dan kecerdasan merupakan contoh kepercayaan diri mereka. Hal ini siswa akan menyadari sampai dimana kemampuan dalam dirinya, untuk berusaha mencapai yang dinginkan meskipun akan menghadapi tantangan dalam prosesnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara self-efficacy dan motivasi berprestasi pada siswa SMA kelas XI. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa-siswi IPA kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Plus Keterampilan Manado, dengan jumlah populasi 268 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian adalah kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan skala self-efficacy dan motivasi berprestasi yang disusun oleh peneliti berdasarkan teori Albert Bandura dan McClelland. Analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis korelasi pearson (product moment). Hasil analisis korelasi pearson menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara selfefficacy dan motivasi berprestasi pada siswa kelas XI MAN 1 Plus Keterampilan Manado. Koefisien korelasi rxy 783 dengan taraf signifikansi 0,001 < 0,05 dengan hasil penelitian bahwa terdapat hubungan kuat signifikan pada kedua variabel selfefficacy dan motivasi berprestasi. Kata Kunci: Self-efficacy, Motivasi Berprestasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Psikologi Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > S1 Psikologi Islam |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 03:03 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 03:03 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2142 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |