Search for collections on IAIN Manado Repository

PERAN KEPALA SEKOLAH PADA MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR NEGERI MENGKANG KECAMATAN LOLAYAN

Harun, Normi (2025) PERAN KEPALA SEKOLAH PADA MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR NEGERI MENGKANG KECAMATAN LOLAYAN. Masters thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Tesis Normi Harun Bab 1,2,3 & DP - Sri Wahyuni S.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam sistem pendidikan nasional, kepala sekolah berperan sebagai pemimpin yang harus mampu mengelola, merencanakan, dan mengarahkan seluruh aspek di sekolah agar tujuan pendidikan tercapai dengan optimal. Kepala sekolah di SDN Mengkang, Kecamatan Lolayan, memiliki tanggung jawab yang besar untuk mengembangkan mutu pendidikan. Manajemen pengembangan mutu pendidikan yang baik akan mendorong proses belajar mengajar yang efektif dan menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif, selaras dengan prinsip-prinsip pendidikan dalam Islam yang menekankan pada pengembangan potensi anak sesuai fitrahnya. Sehingga rumusan masalah penelitian ini adalah Peran apa saja yang diterapkan oleh kepala sekolah dalam manajemen pengembangan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Mengkang Kecamatan Lolayan dan Apa saja tantangan yang dihadapi kepala sekolah dalam mengembangkan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Mengkang, serta bagaimana cara mengatasinya.Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama peran yang diterapkan oleh kepala sekolah dalam manajemen pengembangan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Mengkang Kecamatan Lolayan adalah dengan menggunakan 3 aspek diantaranya strategi, implementasi dan evaluasi. hal tersebut tidak terlepas dari tugas dan fungsi kepala sekolah sebagai seorang pemimpin. Kedua tantangan yang dihadapi kepala sekolah dalam mengembangkan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Mengkang, diantaranya yakni faktor human error dalam menjalankan tugas; keterbatasan sarana dan prasarana di sekolah; akses jalan yang rusak dan air yang sering meluap serta pendapatan orang tua siswa yang rendah menjadi kendala dalam menciptakan proses belajar yang optimal. Adapun solusi yang ditempuh diantaranya optimalisasi peran kepala sekolah, pembinaan dan peningkatan terhadap guru serta kolaborasi bersama pihak eksternal. Kata Kunci: Peran, Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 22 Oct 2025 08:57
Last Modified: 22 Oct 2025 08:57
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/2449

Actions (login required)

View Item View Item