PEMBINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI NARAPIDANA KASUS NARKOBA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA MANADO

Mokoagow, Murniati (2019) PEMBINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI NARAPIDANA KASUS NARKOBA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
full murni.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pembinaan Pendidikan Agama Islam Bagi Narapidana Kasus Narkoba di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Manado. Pendidikan agama Islam suatu usaha untuk membina dan mengasuh peserta didik agar senantiasa dapat memahami ajaran Islam secara menyeluruh. Lalu menghayati tujuan, yang pada akhirnya dapat mengamalkan serta menjadikan Islam sebagai pendangan hidup. Pembinaan yang bersifat religius dalam lembaga dapat menumbuhkan kesadaran narapidana agar narapidana kembali berbaur dengan masyarakat, mereka tidak lagi merasa canggung karena perilaku mereka dahulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, di mana subjek penelitian adalah kepala lembaga, pembina agama Islam dan beberapa narapidana kasus narkoba. Metode yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data dalam penulisan skripsi ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang menggambarkan sebuah pembinaan pendidikan Agama Islam bagi Narapidana Kelas IIA Manado. Hasil yang ditemukan adalah pembinaan Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Manado merupakan pendidikan nonformal atau pendidikan luar sekolah. Pendidikan ini dilaksanakan dengan berbagai bentuk kegiatan secara terjadwal (1) Hari senin, selasa, rabu, jadwal pembinaan jasmani yang meliputi pembinaan kemandirian yaitu kegiatan PBB, dan olahraga. Kamis Pembinaan Pendidikan Agama baik yang muslim maupun nonmuslim, Kamis malam atau malam Jumat kegiatan Yasinan dan sholawatan. Hari Jumat kegiatan sholat Jumat berjamaah, serta tadarusan selesai sholat. Sabtu Minggu juga diisi dengan kegiatan Pembinaan Pendidikan Agama dan kegiatan TPA dilaksanakan setiap hari. (2) Materi yang diberikan dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam adalah akidah, syari’ah dan akhlak. (3) Metode yang digunakan diantaranya: metode ceramah, metode diskusi, metode Tanya jawab, metode kisah. Dengan demikian, adanya pembinaan pendidikan agama Islam para narapidana khusunya narapidana narkoba memiliki pengetahuan agama yang lebih banyak, menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran untuk melaksanakan ajaranajaran agama dalam kehidupan sehari-hari, terutama yang berhubungan dengan ibadah dan akhlak. Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Narapidana, Lembaga Pemasyarakatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Keagamaan > Studi Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 28 Dec 2020 05:47
Last Modified: 28 Dec 2020 05:47
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/74

Actions (login required)

View Item View Item