PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MTS ALKHAIRAAT KOMO LUAR MANADO

Elly Dwi Marheni, Elly Dwi Marheni (2019) PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MTS ALKHAIRAAT KOMO LUAR MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Elly Dwi Marheni.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini meneliti tentang Pembelajaran Al-Qur‟an Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di MTs Alkhairaat Komo Luar Manado. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tentang model pembelajaran Al-Qur‟an dan pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an dan Bagaimana dampak secara kualitatif pembelajaran Al-Qur‟an di MTs Alkhairaat Komo Luar Manado. Adapun jenis penelitian yang dipakai adalah kualitatif bersifat deskriptif. Hal ini dikarenakan data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan bukan angkaangka. Data yang dikumpul berupa kata-kata yaitu suatu telaah yang secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat populasi atau penelitian yang langsung dilakukan di lapangan (field research). Jenis penelitian deskriptif pun memberikan gambaran mengenai suatu gejala atau fenomena yang terjadi pada saat itu pula. Dari hasil penelitian, peneliti mendapatkan jawaban bahwa model pembelajaran Al-Qur‟an adalah dimana siswa di MTs Alkhairaat Komo Luar Manado menggunakan model pembelajaran Al-Qur‟an tutor sebaya, dengan menggunakan model ini diharapkan siswa dapat cepat mengerti serta tidak adanya rasa canggung. Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an dimulai dari persiapan pembelajaran Al-Qur‟an, dengan siswa mempersiapkan perangkat pembelajaran yaitu Iqro‟ dan Al-Qur‟an selanjutnya kegiatan membaca Al-Qur‟an dilakukan dengan membaca Al-Qur‟an dan Iqro‟ dilakukan secara bersama-sama dimana melanjutkan bacaan yang sudah dibaca kemarin. Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran Al-Qur‟an dimulai dengan siswa masuk ke kelas kemudian membaca secara bersama-sama serta dikoordinir oleh guru. Dalam proses evaluasi pembelajaran Al-Qur‟an siswa disuruh maju satu persatu serta guru yang bersangkutan mengetes bacaan dari masing-masing siswa. Dampak secara kualitatif pembelajaran Al-Qur‟an diharapkan kepada siswa-siswa agar menjadikan wadah bagi siswa sebagai media dan sarana dalam melatih dan membiasakan peserta didik untuk mencintai Al-Qur‟an. Kata Kunci: Pembelajaran Al-Qur‟an

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: study Keagamaan > Studi Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 28 Dec 2020 05:53
Last Modified: 28 Dec 2020 05:53
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/71

Actions (login required)

View Item View Item