Imran, Muhammad (2016) ANALISIS KE-SIQAH-AN PERAWI HADITS. ISTANA PUBLISHING. ISBN 9786027128
Text
Buku Ke-Tsiqah-an Perawi Hadis (2).pdf Download (1MB) |
Abstract
Hadis atau sunnah,1 baik secara struktural maupun fungsional merupakan informasi yang harus dijaga validitasnya, karena hadis merupakan sumber utama dalam syariat Islam atau sebagai sumber teks keagamaan untuk mencari kebenaran sesuai yang disampaikan oleh Nabi saw. di samping memerlukan petunjuk dari al-Qur’an. Hadis telah mengalami tahap historitas yang panjang sebelum ia kemudian menjadi wacana tekstual sebagaimana terdapat dalam kitab-kitab hadis. Hadis mengalami tradisi pengalihan lisan (al-naql al-syafah³, transmisi verbal) dan tradisi pengalihan praktik (al-naql al-‘amal³, transmisi praktikal) sebelum kemudian memasuki tahap tradisi pengalihan tulisan (al-naql al-kit±b³, transmisi terkstual).2 Walaupun al-Qur’an dan hadis merupakan sumber pokok ajaran Islam, namun keduanya memiliki perbedaan dari sudut periwayatan. Periwayatan ayat-ayat al-Qur’an berlangsung secara mutaw±tir,3 sedangkan periwayatan hadis Nabi saw. sebagian berlangsung secara mutaw±tir dan sebagian lainnya berlangsung secara a¥±d.4 Sehingga al-Qur’an dari segi turunnya bersifat pasti (qa¯’³ al-wurûd), adapun hadis sebagian bersifat pasti datangnya dari Nabi saw. dan sebagian diperkirakan berasal dari Nabi saw. (§ann³ al-wurûd). Sehingga kemurnian hadis sebagai pedoman yang benar-benar datangnya dari Nabi saw. tidak sepenuhnya terjamin. Oleh sebab itulah, penulis memahami bahwa perlu melakukan penelitian lebih lanjut dan kritik terhadap hadis�hadis yang telah terumuat dalam kitab-kitab klasik, baik dari sisi perawinya maupun materi hadisnya
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Studi Keagamaan > Studi Agama Islam |
Divisions: | Lembaga > LP2M > Pusat Penelitian dan Penerbitan |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 03:51 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 03:51 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/567 |
Actions (login required)
View Item |