THE TEACHER STRATEGIES IN OVERCOMING STUDENTS’ ANXIETY IN SPEAKING ENGLISH AT MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH BELANG

Wantassen, Farah Nabillah Muda (2022) THE TEACHER STRATEGIES IN OVERCOMING STUDENTS’ ANXIETY IN SPEAKING ENGLISH AT MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH BELANG. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI FARAH WANTASSEN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi kecemasan siswa dalam berbicara Bahasa Inggris dan untuk mengetahui dampak yang siswa dapatkan setelah guru menerapkan strategi dalam mengatasi kecemasan siswa dalam berbicara Bahasa Inggris. Data ini diolah dan dianalisis dengan desain kualitatif dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Responden penelitian ini adalah seorang guru Bahasa Inggris dan siswa kelas XI yang berjumlah 22 siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Belang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru Bahasa Inggris menggunakan tiga strategi dalam mengatasi kecemasan siswa dalam berbicara Bahasa Inggris. Strategi pertama adalah permainan membuat siswa lebih santai dan antusias dikelas, dan juga membuat mereka percaya diri untuk berbicara Bahasa Inggris. Strategi kedua adalah kerja berpasangan membuat siswa lebih berani berbicara Bahasa Inggris di kelas karena mereka akan melakukannya dengan teman mereka. Strategi terakhir adalah menggunakan Bahasa pertama siswa (mencampur Bahasa Inggris dan Indonesia) dapat membuat siswa termotivasi dan berani berbicara Bahasa Inggris karena mereka bisa mencampur Bahasa Ketika mereka berbicara. Hasilnya, penggunaan beberapa strategi yang diterapkan oleh guru dapat membuat siswa merasa lebih rileks dan tidak merasa cemas saat berbicara Bahasa Inggris Kata Kunci: Strategi Guru, Mengatasi, Kecemasan Siswa, Berbicara

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 08 Nov 2022 23:40
Last Modified: 08 Nov 2022 23:40
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/478

Actions (login required)

View Item View Item