MODEL PEMBELAJARAN ISLAMOLOGI DI INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI (IAKN) MANADO

Bakri, Muliati (2021) MODEL PEMBELAJARAN ISLAMOLOGI DI INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI (IAKN) MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI Muliati Bakri.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang model pembelajaran Islamologi di Institut Agama Kristen Negeri Manado. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis serta mendeskripsikan model pembelajaran Islamologi yang diaplikasikan dalam proses pembelajaran di program studi teologi, di IAKN Manado. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif yaitu peneliti menggali data tentang model pembelajaran Islamologi di IAKN Manado. Dalam mengumpulkan data penelitian yang berkaitan dengan objek yang diteliti, maka metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran Islamologi di IAKN yaitu menggunakan model pembelajaran multi�religius, pendekatan yang digunakan pendekatan kontekstual dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. pembelajaran Islamologi ditinjau dari perspektif studi Islam yang mana kajiannya sesuai dengan kebenaran dalam agama Islam itu sendiri. Tujuan dari pembelajaran tersebut agar mahasiswa (Kristen) bisa memahami Islam, dan bisa menjalin relasi atau hubungan yang baik dengan masyarakat Muslim disekitarnya, serta upaya untuk menghindari kesalahpahaman terhadap Islam yang pada akhirnya minimbulkan sikap dan pola hidup beragama yang tidak tepat. Kata Kunci : Pendidikan Islam, Model Pembelajaran Islamologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Studi Keagamaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 08 Nov 2022 23:39
Last Modified: 08 Nov 2022 23:39
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/471

Actions (login required)

View Item View Item