PROBLEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DI SMA MUHAMMADIYAH RATATOTOK

SUPIT, DEVA SUTRI (2022) PROBLEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DI SMA MUHAMMADIYAH RATATOTOK. Other thesis, IAIN Manado.

[img] Text
SKRIPSI DEVA SUPIT PAI-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Problem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Google Classroom. Pokok permasalahannya adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana proses penggunaan Google Classroom pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah Ratatotok dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan apa saja problem pembelajaran pendidkan agama Islam menggunakan Google Classroom di SMA Muhammadiyah Ratatotok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskrpitif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis datanya melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. kemudian untuk penguji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Google Classroom di SMA Muhammadiyah Ratatotok mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bahwa guru mengelola kelas dengan cara mengirimkan materi di Google Classroom dan memberikan buku paket kepada peserta didik yang tidak mempunyai Smartphone. Pada saat guru memberikan tugas kepada peserta didik sikap guru tersebut begitu tegas, karena pada saat guru memberikan tugas di Google Classroom dan memberikan batasan waktu untuk memasukannya dan apabila peserta didik tidak memasukkan maka peserta didik tersebut harus pergi ke rumah gurunya untuk ditugaskan menghafalkan materi sesuai materi yang dikirim dalam Google Classrom atau disuruh membuat kaligrafi. Tetapi nilainya tidak sama dengan teman-teman yang mengirimkan tugasnya di Google Classroom. Dalam penggunaan Google Classroom pasti ada problem/permasalahan, contohnya peserta didik masih kurang memahami penggunaan Google Classroom, serta Smartphone yang digunakan hanya bermain game sehingga memori Smartphone penyimpanan penuh, dan peserta didik memberikan alasan kepada guru bahwa aplikasi Google Classroom tidak bisa terdownload dan membuat mereka malas untuk mengerjakan tugas di Google Classroom. Dan salah satu problem/permasalahannya guru pendidikan agama Islam hanya mengupload materi/tugas tanpa menjelaskan materi/tugas yang diberikan sehingga para peserta didik merasa kebingungan. Dan dalam penggunaan Google Classroom, peserta didik lebih sering disuruh untuk mencatat materi yang disampaikan serta sulitnya sinyal. Kata Kunci : Google Classroom, Problem Pembelajaran..

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Studi Keagamaan > Studi Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 19 Aug 2022 01:46
Last Modified: 08 Nov 2022 23:38
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/458

Actions (login required)

View Item View Item