Mamonto, Wiranda (2021) THE STUDENTS’ PERCEPTION TOWARDS LEARNING LISTENING BY USING ENGLISH SONG. Diploma thesis, IAIN MANADO.
Text
SKRIPSI WIRANDA FULL PAGE &TDT (106).pdf Download (2MB) |
Abstract
Mendengarkan adalah salah satu keterampilan paling penting untuk dikuasai. Mendengarkan tidak hanya mendengar, tetapi juga memahami. Mendengarkan adalah kegiatan untuk memperhatikan seseorang atau sesuatu untuk memahami perkataan seseorang. Para siswa dihadapkan dengan kesulitan dalam komunikasi dalam bahasa Inggris untuk kelas pelajar, permasalahnya bukan hanya karena kemampuan siswa yang terbatas, tetapi juga dari guru. Untuk mengatasi masalah ini, strategi mendengarkan tertentu diperlukan, tidak hanya untuk mengatasi kesulitan siswa, tetapi juga untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan persepsi siswa terhadap pembelajaran mendengarkan dengan menggunakan lagu bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Peneliti mengumpulkan data dengan mewawancarai tiga puluh tiga siswa di Program Studi Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negara Manado tahun akademik 2017/2018, dan kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, inferensi dan verifikasi dan kemudian kesimpulan akhir. Hasil penelitian ini dengan wawancara menunjukkan bahwa 88% siswa memiliki persepsi positif terhadap pembelajaran mendengarkan dengan menggunakan lagu bahasa Inggris. Para siswa mengklaim bahwa mereka tertarik, termotivasi, santai dan bahagia dalam belajar, yang mengarah pada peningkatan keterampilan mendengarkan, pengucapan kosa kata. Dan juga ada sekitar 12% siswa memiliki persepsi normal terhadap pembelajaran mendengarkan dengan menggunakan lagu bahasa Inggris, alasannya adalah siswa cenderung memilih untuk belajar menggunakan media lain dalam pembelajaran mendengarkan. Dan dengan dokumentasi, peneliti tidak menemukan data fisik karena setelah siswa melakukan tugas mendengarkan dari guru, tugas itu segera dikumpulkan oleh guru, tetapi peneliti menemukan beberapa judul lagu yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran mendengarkan, yaitu Sweet but Psycho by Ava Max and Lily by Alan Walker. Kata kunci: Persepsi, Lagu Inggris, Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Tadris Bahasa Inggris |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 08 Nov 2022 23:37 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 23:37 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/446 |
Actions (login required)
View Item |