Kandari, Winda (2021) PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 TUMPAAN KABUPATEN MINAHASA SELATAN. Diploma thesis, IAIN MANADO.
Text
Skripsi winda kandari.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk lebih mengetahui Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan yang ada di SMK Negeri 1 Tumpaan. Jadi pokok permasalahan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana pengelolaan sarana dan prasarana yang ada di SMK Negeri 1 Tumpaan, dengan merumuskan tiga permasalahan pokok yaitu:1. Bagaimana perencanaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMK Negeri 1Tumpaan 2. bagaimana pemberdayaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMK Negeri 1 Tumpaan 3. Bagaimana pengawasan dalam pengelolaan Sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMK Negeri 1 Tumpaan. Penelitian karya ilmiah ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang diambil dari dua sumber jenis data yaitu primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian menggunakan tiga teknis analisis data yang diantaranya pengumpulan data, reduksi data, dan display data. Dari langkah-langkah yang penulis tempuh maka penulis telah mendapat jawaban bahwa dari uraian permasalahan bahwa dalam perencanaan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran ini di SMK Di mulai dari perencanaan yaitu pembuatan program tahunan, lalu dilanjutkan dengan pengorganisasian, pergerakan, dan pengawasan. Pemberdayaan sarana dan prasarana pendidikan yang ada disekolah SMK Negeri 1 Tumpaan sudah dilakukan dengan baik sumber dayanya, mulai dari pemberdayaan sumber daya pendidikan, baik sumber daya manusia, sumber daya keuangan, lembaga pendidikan, dan sumber daya sarana dan fasilitas lainnya. Pengawasan yang dilakukan di sekolah SMK Negeri 1 Tumpaan terkelola dengan baik, mulai dari ruangan kelasnya, ruang guru, meja, kursi, dan semua peralatan-peralatan yang menunjang dalam pembelajaran itu dikelola dengan sebaik mungkin sehingga pada saat proses pembelajaran dimulai bisa berjalan dengan lancar dan aman tanpa ada hambatan apapun. Kata kunci: Pengelolaan Sarana dan Prasarana dalam Proses Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 05:47 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 05:47 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/403 |
Actions (login required)
View Item |