STRATEGI PEMASARAN PRODUK KUE RUMAHAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DESA KOTABUNAN SELATAN KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW TIMUR

Apande, Riska Febiyanti (2024) STRATEGI PEMASARAN PRODUK KUE RUMAHAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DESA KOTABUNAN SELATAN KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW TIMUR. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI FUll RISKA APANDE FIX (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Riska Febiyanti Apande NIM : 18.41.083 Prodi : Ekonomi Syariah Fakultas : Ekonomi dan Bisnis Islam Judul : Strategi Pemasaran Produk Kue Rumahan Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Kotabunan Selatan Kabubaten Bolaang Mongondow Timur Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Strategi Pemasaran Produk Kue Rumahan dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Kotabunan Selatan Kabubaten Bolaang Mongondow Timur dan apa faktor yang menjadi kendala dalam memasarkan produk kue rumahan masyarakat kotabunan selatan. Metode dalam penelitian ini menggunakan Metode kualitatif deskriptif dengan pengambilan data menggunakan observasi, wawancara ,dokumentasi, dan studi kepustakaan, data yang ada adalah hasil wawancara dengan pelaku usaha kue rumahan, pelanggan, dan pejabat setempat. Hasil penelitian ini berdasarkan hasil wawancara dilapangan, menjelaskan ada beberapa strategi pemasaran yang digunakan oleh penjual kue rumahan yakni, strategi yang digunakan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat menggunakan strategi bauran pemasaran seperti, strategi produk, strategi promosi, strategi harga, strategi tempat atau saluran distribusi, dan strategi dipersifikasi produk yakni membuat berbagai jenis produk kue rumahan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.kendala yang dialami oleh pedagang kurangnya dukungan dari pemerintah dalam peningkatan skill pemasaran, harga bahan baku yang naik secara terus menerus membuat harga jual harus di naikkan, dan membuat pelanggan enggan membeli,sehingga produk kue rumahan tidak laku. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan starategi pemasaran, masih menggunakan cara yang konvesional dan secara social media, strategi yang digunakan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, starategi bauran pemasaran, yakni, Strategi Produk, Strategi Promosi, Strategi Harga (Price), Startegi Place, dan menggunakan strategi dipersifikasi produk. Faktor Faktor penghambat dalam upaya meningkatkan pendapatan masyarakat yakni kurangnya dukungan dari pemerintah seperti pelatihan pelatihan, dan yang menjadi penghambat utama dalam meningkatkan pendapatan yakni kenaikan harga- harga bahan baku Kata kunci: Strategi Pemasaran, Produk Kue Rumahan, Peningkatan Pendapagtan Masyarakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi > Perdagangan
Ekonomi > Perdagangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 17 May 2024 04:01
Last Modified: 17 May 2024 04:01
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1892

Actions (login required)

View Item View Item