IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK PADA PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL KHAIRAAT AMURANG

Bakri, Siti Yasinta Ramadhani (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK PADA PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL KHAIRAAT AMURANG. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Skripsi Siti Yasinta Ramadhani Bakri MPI 19.24.006 FTIK.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Siti Yasinta Ramadhani Bakri NIM : 19.24.006 Judul : Implementasi Manajemen Peserta Didik Pada Pembinaan dan Pengembangan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Khairaat Amurang Pokok pembahasan pada penelitian ini tentang bagaimana keadaan sistem manajemen peserta didik pada pengembangan dan pembinaan minat dan bakat apakah sudah terorganisir dengan baik dan sesuai dengan ketentuan sekolah atau madrasah pada umumnya atau belum. Jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan secara alamiah, sumber data yang peneliti dapatkan dari Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Guru Pelatih Kegiatan Ekstrakurikuler, dan Siswa-Siswi, teknik yang di gunakan yaitu Observasi, Wawancara, dan Studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang diganakan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga hal yang perlu diperhatikan dalam pengimplementasian manajemen peserta didik dalam pengembangan dan pembinaan siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Khairaat Amurang yaitu, mengenai sistem manajemen peserta didik itu sendiri dan seperti apa pembinaan dan pengembangan pada minat bakat siswa dimana yang harus diperhatikan tentang sarana dan prasarana pendukung kegiatan ekstrakurikuler. Hasil dari penelitian ini diperoleh dalam sistem manajemen peserta didik dan pengembangan pada minat dan bakat siswa. Dalam manajemen peserta didik di madrasah ini meliputi tentang kinerja pihak sekolah dan para guru untuk bisa memfasilitasi secara keseluruhan hal-hal yang dibutuhkan oleh para siswa. Pembinaan meliputi strategi pemilihan anggota, pelatihan yang dilakukan, kendala dan memberi motivasi kepada anggota marching band, sedangkan Pengembangan minat dan bakatnya sendiri meliputi cara pihak sekolah dan para guru menghadapi kriteria para siswa dan bisa membuat para siswa lebih berkembang, bersosialisasi dan percaya diri terhadap karakter mereka masing-masing melalui minat dan bakat yang dimiliki oleh siswa itu sendiri. Kata Kunci : Manajemen Peserta Didik, Pengembangan minat dan Bakat, Ekstrakurikuler

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 16 May 2024 08:01
Last Modified: 16 May 2024 08:01
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1884

Actions (login required)

View Item View Item