Oktaviani, Fidya Sitti Nur (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI MIN 1 BlTUNG. Diploma thesis, IAIN MANADO.
Text
SKRIPSI LENGKAP FIDYA.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Fidya Sitti Nur Oktaviani Nim : 1921050 Prodi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Judul Skripsi : Strategi Pembelajaran Index Card Match (ICM) Mata Pelajaran IPS Kelas V di MIN 1 Bitung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang Strategi Pembelajaran Index Card Match (ICM) pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di MIN 1 Bitung. Maksud dari judul penelitian ini adalah penelitian tentang Strategi Pembelajaran Index Card Match (ICM) pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di MIN 1 Bitung. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 1 tahun ajaran 2023/2024 dalam dua siklus, siklus I dua kali pertemuan, dan siklus II dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 1 Bitung yang berjumlah 29 siswa. Hasil analisis data menunujukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar dari siklus 1 ke II pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Index Card Macth. Pada siklus 1 rata- rata penilaian aktivitas guru sebesar 3,57% meningkat 4%, aktivitas siswa dalam pembelajaran sebesar 2,8% meningkat menjadi 4% dan siswa yang mendapatkan ketuntasan sebesar 39,95% meningkat menjadi 75% pada siklus II. Jadi, materi yang diberikan dalam metode pembelajaran index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MIN 1 Bitung. Kata kunci: Index Card Match, Hasil Belajar, IPS
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 06:04 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 06:04 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1792 |
Actions (login required)
View Item |