Mokobombang, Zhahrani Aprilia (2023) IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X DI SMA NEGERI 2 KOTAMOBAGU. Diploma thesis, IAIN MANADO.
Text
bismillah.docx Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Zhahrani Aprilia Mokobombang Nim : 192317 Program Studi : Pendidikan Agama Islam Judul Skripsi :Implementasi Project Based Learning Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X Di SMA Negeri 2 Kotamobagu Skripsi ini mengkaji tentang Implementasi Project Based Learning Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X Di SMA Negeri 2 Kotamobagu. Pokok permasalahannya adalah bagaimana mengimplementasikan project based learning kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI kelas X di SMA Negeri 2 kotamobagu dan faktor penghambat dan faktor pendukung dalam implementasi project based learning kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI kelas X di SMA Negeri 2 Kotamobagu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Project Based Learning Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran PAI kelas X di SMA Negeri 2 Kotamobagu dan untuk mendeskripsikan, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pada Implementasi Project Based Learning Kurikulum merdeka Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X SMA di Negeri 2 Kotamobagu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang menjadi informan dari penelitian ini ada Kepala Sekolah, Guru PAI dan Peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Kotamobagu. Jenis dan Sumber data didapatkan dari data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi project based learning kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI kelas X di SMA Negeri 2 Kotamobagu yaitu model pembelajarannya sangat efektif Juga dapat meningkatkan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik serta mampu memecahkan masalah dan bisa mengamalkan dalam kehidupan nyata. Kesulitan pada pjbl ini sebagian peserta didik memiliki kelemahan seperti dalam percobaan pengumpulan informasi, kurang aktif dalam kerja kelompok, peserta didik tidak mampu mengikuti gaya belajar seperti apa yang guru inginkan. Serta adapun perencanaan yang digunakan yaitu ada tiga perencanaan , ada perencanaan Cp kemudian guru merumuskan Tp dan Atp menjadi sebuah modul, modul itu yang nantinya akan menjadi bahan guru untuk mengajarkan kepada peserta didik yang ada. 11 Kata Kunci: Project Based Learning, Kurikulum Merdeka
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 02:32 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 02:32 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1764 |
Actions (login required)
View Item |