IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL KHOIR TEBU IRENG VII BUYAT

Modeong, Lutfia (2023) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL KHOIR TEBU IRENG VII BUYAT. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Skripsi Full Lutfia Modeong.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Lutfia Modeong NIM : 1923073 Program Studi : Pendidikan Agama Islam Judul : Implementasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran di Pondok Pesantren Miftahul Khoir Tebu Ireng VII Buyat Skripsi ini mengkaji tentang implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran di Pondok Pesantren Miftahul Khoir Tebu Ireng VII Buyat, dengan 2 sub masalah yaitu: 1) Bagaimana bentuk implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran di Pondok Pesantren Miftahul Khoir Tebu Ireng VII Buyat? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran di Pondok Pesantren Miftahul Khoir Tebu Ireng VII Buyat? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran dan materi pembelajaran seperti apa yang dipakai dalam pembelajaran di Pondok Pesantren Miftahul Khoir Tebu Ireng VII Buyat. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data dan analisis datanya melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Serta pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran tertuang dalam empat nilai-nilai moderasi beragama, yaitu komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan penerimaan terhadap tradisi. Dimana para santri mendapatkan materi pembelajaran tentang moderasi beragama di sekolah dan juga di pondok dengan mengkaji kitab-kitab klasik. Juga melaksanakan kegiatan-kegiatan pendukung moderasi beragama saat berada di dalam pondok pesantren dan juga saat berada di luar pondok pesantren. Adapun faktor pendukung pengimplementasian nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran yaitu komitmen institusi, kepemipinan yang visioner, memiliki kurikulum yang terintegrasi dan lingkungan yang mendukung. Selanjutnya faktor penghambatnya yaitu interprestasi yang beragam, tantangan budaya dan lingkungan, ketidaktertarikan santri dan kurangnya sumber daya. Kata Kunci: Implementasi nilai-nilai moderasi beragama, Pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 07 Dec 2023 05:49
Last Modified: 07 Dec 2023 05:49
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1741

Actions (login required)

View Item View Item