PENGELOLAAN MASJID SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN DI MASJID AGUNG AWWAL FATHUL MUBIEN KOTA MANADO

Manolang, Andi Rasyid (2023) PENGELOLAAN MASJID SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN DI MASJID AGUNG AWWAL FATHUL MUBIEN KOTA MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI A_102429.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Andi Rasyid Manolang NIM : 16.2.4.049 Prodi : Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Judul : Pengelolaan Masjid Sebagai Sarana Pendidikan di Masjid Agung Awwal Fathul Mubien Kota Manado Skripsi ini merupakan sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan Masjid, fungsi Masjid sebagai sarana pendidikan, apa saja bentuk kegiatan Masjid Agung Awwal Fathul Mubien sebagai sarana pendidikan keagamaan, apa saja faktor pendukung dalam pengelolaan kegiatan Masjid sebagai sarana pendidikan serta apa saja faktor yang menghambat dalam pengelolaan kegiatan Masjid sebagai sarana pendidikan. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti sendiri lah yang menjadi instrumen penelitian dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut yang telah diperoleh disusun secara sistematis dan dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan kegiatan pendidikan di Masjid Agung Awwal Fathul Mubien Kota Manado merupakan tempat dimana jamaah dapat meningkatkan kualitas wawasan keIslaman juga sebagai bentuk kemaslahatan umat Islam. kemudian fungsi Masjid yang digunakan sebagai sarana pendidikan dengan menerapkan amalan-amalan yang diajarkan baginda Muhammad Saw, yakni melaksanakan kajian rutin dan ceramah agama sebagai bentuk Amalan Dakwah, tempat untuk melaksanakan shalat 5 waktu sebagai bentuk Amalan Dzikir Ibadah, menjadi tempat belajar sebagai bentuk Amalan Taklim, dan menjadi tempat pelayanan bagi jamaah sebagai bentuk Amalan Hikmat. Kegiatan pendidikan yakni, taklim atau kajian rutin untuk Bapak dan Ibu, pengajian Qur’an dan Sunnah untuk anak-anak TPA kemudian tadzkir dan tilawah untuk remaja Masjid. Faktor pendukung terlaksananya kegiatan pendidikan adalah bentuk dukungan dari setiap elemen yang ada di Masjid dari BTM, organisasi yang ada di Masjid, serta masyarakat atau jamaah. faktor penghambatnya adalah minimnya antusiasme jamaah untuk mengikuti pelaksanaan kegiatan di masjid. Kata kunci : Pengelolaan Masjid, Sarana Pendidikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 07 Dec 2023 05:05
Last Modified: 07 Dec 2023 05:05
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1735

Actions (login required)

View Item View Item