INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 9 MANADO

Tabo, Wahyudi Chandra Laures (2023) INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 9 MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Skripsi 100% (Wahyudi).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Wahyudi Chandra Laures Tabo Nim : 1923095 Program Studi : Pendidikan Agama Islam Judul :Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Manado Skripsi ini mengkaji tentang Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan 3 sub masalah yaitu : 1) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam? 2) Apa hasil internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran pendidikan agama Islam? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menginternalisasikan nilai-nilia moderasi beragama dalam pembelajaran pendidikan agama Islam? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan hasil internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam serta faktor pendukung dan penghambat dalam internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis datanya melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menyatakan bahwa proses internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI melalui tiga tahap yaitu: tahap transformasi nilai, tahap, transaksi nilai, dan tahap trans-internalisasi nilai. Selanjutnya hasil dari internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI yaitu sikap toleran yang ditunjukkan oleh peserta didik dan pendidik yaitu dalam kegiatan sehari-hari di sekolah, mereka tidak membedakan perlakuan satu sama lain yang berbeda agamanya. Selanjutnya yang menjadi faktor pendukung dalam internalisasi nilai-nilai moderasi beragama yaitu kurikulum merdeka belajar, kegiatan keagamaan serta sarana dan prasarana. Kemudian yang menjadi faktor penghambatanya yaitu terbatasnya sumber daya manusia yang ada di sekolah tersebut. Perekrutan guru secara rutin per tahun penting untuk dilakukan karena pasti setiap tahun ada guru yang pensiun sehingga mengurangi jumlah guru yang ada di sekolah. Pengrekrutan dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai hal. Kata Kunci: Internalisasi, Nilai-Nilai Moderasi Beragama, Pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 06 Dec 2023 02:53
Last Modified: 06 Dec 2023 02:53
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1721

Actions (login required)

View Item View Item