Mamonto, Yustika Sitti Alawiyah (2023) PENERAPAN KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT BUYA HAMKA PADA PONDOK PESANTREN AS-SALAM MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.
Text
SKRIPSI YUSTIKA KESELURUHAN WORD FIXX.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Yustika Sitti Alawiyah Mamonto NIM : 16.2.3.085 Jurusan : Pendidikan Agama Islam Judul : Penerapan Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Buya Hamka Pada Pondok Pesantren As-Salam Manado Skripsi ini dilatar belakangi dari pengamatan penulis di Pondok Pesantren Assalam Manado yaitu penerapan konsep pendidikan akhlak menurut Buya Hamka pada pondok pesantren Assalam Manado Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konsep pendidikan akhlak merujuk pada kurikulum serta akhlak yang dibentuk di pondok pesantren Assalam Manado Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Assalam Manado. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, Penerapan kurikulum pesantren di Pondok Pesantren Assalam Manado sangat memprioritaskan antara lain: Pendidikan formal, maupun informal, bimbingan keagamaan, dan kegiatan lainnya yang membentuk sifat dari anak-anak santri tersebut. Dengan adanya berbagai bentuk pembinaan, pembimbingan serta memberikan pengarahan tentang Pendidikan Islam itu menjadikan bukti bahwa Pondok Pesantren Assalam telah memberikan pendidikan Akhlak yang efektif bagi anak-anak santri. Akhlak yang dibentuk di pondok pesantren Assalam Manado dilakukan untuk membentuk sikap dan kepribadian anak santri sesuai dengan ajaran agama Islam. Serta dengan cara menerapkan nilai-nilai Islam itu sendiri, seperti halnya: kegiatan pengajian rutin setiap hari, Berzanji atau Diba, Muroja’ah Hafalan, mengahafal doa sehari-hari, dan kegiatan kerja bakti. Penerapan konsep pendidikan menjelaskan bahwa dalam pembinaan Akhlak, perlu diketahui tempat pusat sifat segala budi pekerti itu. Akhlak yang ditimbulkan manusia adalah sejatinya bersumber dari dalam diri manusia, Adapun pusat sifat dari segala budi itu dinamai kemudian dengan keutamaan. Pondok pesantren Asalam Manado, memiliki cara untuk mengatasi faktor internal anak, dengan cara menasehati, membiasakan diri terus melakukan kegiatan walau harus dipaksa, serta apabila melakukan kesalahan maka Pembina pada pondok pesantrenpun tak segan untuk menghukum atau memberikan sangsi sesuai dengan kesalahan atau perbuatan yang dilakukan. Kata kunci: Penerapan konsep pendidikan, akhlak, pondok pesantren
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 06 Dec 2023 02:36 |
Last Modified: | 06 Dec 2023 02:36 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1719 |
Actions (login required)
View Item |