Van Gobel, Resniyanti (2023) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.
Text
resume resny (1).pdf Download (972kB) |
|
Text
Skripsi Resniyanti (Jadi) Revisi 4 (pasca ujian skripsi).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Resniyanti Van Gobel NIM : 16.2.4.036 Judul Skripsi : Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Manado Kepala madrasah mempunyai tanggung jawab dan peran terkait dengan kompetensi yang dimiliki oleh guru, salah satunya yaitu kompetensi pedagogik. Peran kepala madrasah ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, guna meningkatkan profesionalisme guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Manado, dan untuk mengetahui problematika implementasi supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MTsN 1 Manado. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data- data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh data primer dan data sekunder di lapangan. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, dalam pelaksanaan supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi guru di MTsN 1 Manado, (1) Kepala Madrasah melakukan persiapan supervisi akademik berupa membuat jadwal pelaksanaannya dimana pimpinan akan mempersiapkan kebutuhan guru dalam mencetak berkas administrasinya dan mempersiapkan kalender akademik, dan membentuk tim penyusun instrumen supervisi akademik dengan melibatkan guru-guru senior dan para wakil kepala madrasah. (2) Kepala Madrasah melaksanakan supervisi akademik dengan melakukan kunjungan kelas untuk mengamati secara langsung proses belajar mengajar guru dan melakukan diskusi kelompok yang tujuannya untuk bertukar informasi dan membahas permasalahan selama proses belajar mengajar. (3) Kepala Madrasah menindaklanjuti hasil pelaksanaan supervisi akademik dengan memberikan motivasi dan memfollow up temuan yang didapatkan saat pelaksanaan supervisi. Dan membuat laporan terkait pelaksanaan supervisi dengan membuat arsip. Kedua, problematika supervisi akademik kepala madrasah yaitu administrasi guru yang tidak lengkap, pimpinan yang mendadak ada kegiatan penting pada saat pelaksanaan supervisi, berkas- berkas buat supervisi yang tertumpuk bahkan tercecer. Kata Kunci: implementasi supervisi, kepala madrasah, kompetensi pedagogik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 05 Dec 2023 02:31 |
Last Modified: | 05 Dec 2023 02:31 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1704 |
Actions (login required)
View Item |