STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MARDATILLAH KINILOW, KECAMATAN TOMOHON UTARA, KOTA TOMOHON, SULAWESI UTARA

Ningsih, Sofia (2023) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MARDATILLAH KINILOW, KECAMATAN TOMOHON UTARA, KOTA TOMOHON, SULAWESI UTARA. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
KSRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nama Penyusun : Sofia Ningsih NIM : 18.2.1.024 Fakultas : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Judul : Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mardatillah Kinilow, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, Sulawesi Utara Skripsi ini meneliti tentang Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mardatillah Kinilow, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Penelitian ini bertujuam untuk mengetahui strategi guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui hambatan yang dialami oleh guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mardatillah Kinilow, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Sebagaimana yang ada pada rumusan masalah. Adapun jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data diperoleh untuk memperoleh data sekunder dan data primer di lapangan. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) strategi guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mardatillah Kinilow, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, Sulawesi Utara adalah (a) guru menggunakan strategi pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning), (b) guru menggunakan strategi pembelajaran aktif (Active Learning), (c) guru menciptakan suasana kelas yang kondusif dan nyaman untuk siswa belajar, (d) guru berusaha untuk meningkatkan antusias siswa dan semangat pada siswa dalam belajar, (e) guru memberikan penghargaan berupa nilai, hadiah, dan pujian agar siswa termotivasi untuk belajar dan menjadi aktif di kelas, dan (2) Hambatan yang dialami oleh guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mardatillah Kinilow, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, Sulawesi Utara adalah siswa yang minat belajarnya rendah dan lingkungan siswa yang tidak sejalan dengan aturan- aturan sekolah, sehingga guru mengalami kesulitan untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Strategi Mengajar, Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 04 Dec 2023 07:03
Last Modified: 04 Dec 2023 07:03
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1691

Actions (login required)

View Item View Item