PENGARUH KEBERSIHAN DAN KENYAMANAN DI PASAR SEGAR PAAL DUA MANADO TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

Syaripudin, Jihad (2021) PENGARUH KEBERSIHAN DAN KENYAMANAN DI PASAR SEGAR PAAL DUA MANADO TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. Diploma thesis, IAIN Manado.

[img] Text
JIHAD SYARIPUDIN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kebersihan dan kenyamanan terhadap kepuasan konsumen di pasar Segar Paal Dua Manado. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 orang responden yang sedang berbelanja di pasar segar Paal Dua Manado dengan menggunakan metode Accidental Sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap tiap-tiap variabel. Kemudian setelah itu dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif yang meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat uji t dan uji F serta uji analisis koefisien determinasi (R²). teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Hasil analisis mendapatkan bahwa kedua faktor yaitu kebersihan dan kenyamanan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel independen kebersihan yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen kepuasan konsumen sedangkan variabel independen kenyamanan yang diteliti mempengaruhi variabel dependen kepuasan konsumen. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel kebersihan dan kenyamanan berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen. Angka R square sebesar 0,470 menunjukkan bahwa 47 persen variasi kepuasan konsumen bisa dijelaskan oleh kedua variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 53 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Kata kunci : Kebersihan, Kenyamanan, Kepuasan Konsumen, Pasar Segar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 28 Apr 2021 02:29
Last Modified: 28 Apr 2021 02:29
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/169

Actions (login required)

View Item View Item