EVALUASI PROGRAM PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTAMOBAGU MENGGUNAKAN MODEL CIPP

REYNALDI LAMAMA, MINHARD (2023) EVALUASI PROGRAM PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTAMOBAGU MENGGUNAKAN MODEL CIPP. Masters thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
TESIS FIX.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi konteks, input, proses dan produk dalam pelaksanaan pengembangan profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Negeri Kotamobagu. Penelitian ini merupakan peneltian kualitatif dengan menggunakan pendekatan evaluasi model CIPP. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan Model interaktif dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pelatihan dalam meningkatkan profesional guru di Madrasah Aliyah Negeri Kotamobagu berjalan dengan baik. Dalam hal input, terdapat hubungan antara kebutuhan dan tujuan diadakannya program. Dalam aspek konteks, sumber daya sudah dimanfaatkan secara maksimal. Untuk aspek proses dalam program telah sesuai dengan perencanaan, dan aspek produk. guru dapat meningkatkan keterampilan dan menunjang peningkatan sebagai guru profesional di Madrasah Aliyah Negeri Kotamobagu. Kata kunci : Evaluasi, Model CIPP, Program Pelatihan, Profesionalisme Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Profesi
Divisions: Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 29 Nov 2023 05:36
Last Modified: 29 Nov 2023 05:36
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1627

Actions (login required)

View Item View Item