Dilapanga, Dinda Pramudia (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOSA KATA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAME PICTIONARY PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IVMI MUHAMMADIYAH RATATOTOK. Diploma thesis, IAIN MANADO.
Text
Skripsi Dinda Dilapanga.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia menggunakan media game pictionary pada siswa kelas IV B di MI MUHAMMADIYAH Ratatotok”. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV B MI Muhammadiyah Ratatotok Kab Minahasa Tenggara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, metode dokumentasi, metode tes. Data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh untuk mencari nilai rata-rata kelas dan prosentasenya. Sedangkan data kualitatif menggunakan tekhnik analisis data yang terdiri penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap, tahap pertama adalah pra siklus, disini penulis belum menggunakan media game pictionary dengan hasil nilai rata-rata 65,9 dengan ketuntasan siswa 41%. Tahap kedua adalah siklus I, hasil nilai rata-rata siswa 73,8 dengan ketuntasan belajar 63,6%. Tahap ketiga adalah siklus II dengan nilai rata-rata siswa 83,8 dengan ketuntasan siswa 86,3%. Berdasarkan data tersebut dengan menggunakan media pembelajaran game pictionary, siklus I dan siklus II dapat dilihat ada peningkatan hesil belajar siswa setelah diterapkannya media pembelajaran game pictionary. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Game Pictionary
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 28 Nov 2023 03:24 |
Last Modified: | 28 Nov 2023 03:24 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1572 |
Actions (login required)
View Item |