TINJAUAN EKONOMI SYARIAH TERHADAP STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus Rumah Makan Mbak Wulan Maumbi Kabupaten Minahasa Utara)

Bulotio, Faradila Noer Aini (2023) TINJAUAN EKONOMI SYARIAH TERHADAP STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus Rumah Makan Mbak Wulan Maumbi Kabupaten Minahasa Utara). Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI FARADILA NOER AINI BULOTIO (1941019) FIX.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi pemasaran untuk meningkatkan minat beli konsumen dalam tinjauan ekonomi syariah, menggunakan metode penelitan kualitatif. Kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data utama dalam penelitian ini data primer berupa hasil wawancara kepada 10 (sepuluh) informan, dan juga menggunakan data sekunder berupa buku, jurnal dan penelitian-penelitian sebelumnya. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data (display), Kesimpulan Serta Verifikasi (conclusion drawing/verification). Hasil penelitian strategi pemasaran di rumah makan mbak wulan masih ada yang tidak sesuai dengan ekonomi syariah yang dimana strategi pemasaran dalam ekonomi syariah, yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang dan proses. Pertama, produk RM. Mbak Wulan sudah sesuai dengan prinsip syariah karena menu-menu yang dihasilkan tidak mengandung bahan makanan yang dilarang dijual dan dikonsumsi oleh Qur‟an dan hadits. Kedua, harga menu makanan di RM. Mbak Wulan tidak memberatkan para konsumen dan mendapatkan keuntungan yang lebih. Sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW dalam berdagang apabila menjual barang jangan sampai mendzalimi pembeli. Ketiga tempat penjualan RM.Mbak Wulan sudah sesuai dengan prinsip ekonomi syariah dalam berdagang, sebab di rumah makan tersebut sudah menerapkan kebersihan yang tinggi dan terhindar dari najis yang diharamakan. Keempat, promosi yang dilakukan sudah sesuai dengan perdagangan secara syariah yang dimana tidak ada kebohongan pada saat melakukan promosi. Kelima dan keenam orang yang terlibat dalam RM. Mbak Wulan merupakan orang muslim karena rumah makan tersebut merupakan rumah makan muslim dan juga pelayanan karyawan sangat ramah kepada para konsumen, Sedangkan untuk proses di RM. Mbak Wulan antara lain pada pagi hari mereka memproduksi menu makanan dan menjual pada waktu siang sampai malam. Ketujuh bukti fisik di RM Mbak Wulan sudah, yaitu berlabelkan halal dan transaksi yang dilakukan telah dituliskan. Kata kunci: Ekonomi Syariah, Minat Beli, Konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 28 Nov 2023 02:20
Last Modified: 28 Nov 2023 02:20
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1552

Actions (login required)

View Item View Item