PENGGUNAAN METODE BAGIAN (TEILEREN METHOD) UNTUK MENINGKATKAN HAFALAN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MIN 1 BITUNG

Nasaru, Aradiyah (2020) PENGGUNAAN METODE BAGIAN (TEILEREN METHOD) UNTUK MENINGKATKAN HAFALAN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MIN 1 BITUNG. Diploma thesis, IAIN Manado.

[img] Text
ARADIYAH NASARU.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini meneliti tentang Penggunaan Metode Bagian (Teileren Method) untuk Meningkatkan Hafalan pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di MIN 1 Bitung. Penelitiaan ini bertujuan untuk meningkatkan hafalan peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas IV-A di MIN 1 Bitung dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus, pada tiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dengan tahap-tahap yang dilalui peneliti dalam kelas yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode Bagian (Teileren Method) merupakan latihan keterampilan yang dilakukan secara bagian per bagian, setelah bagian per bagian dari keterampilan yang dipelajari telah dikuasai kemudian dirangkaikan secara keseluruhan. Ada 3 macam metode bagian (teileren method) yaitu Metode Bagian Murni, Metode Bagian Progresif dan Metode Bagian berulang. Dari ketiga macam metode tersebut, dalam skripsi ini peneliti menggunakan Metode Bagian Progresif. Dimana surah yang akan dihafalkan dipelajari dengan masing-masing ayat secara terpisah. Ayat pertama dan kedua dihafal secara terpisah, setelah dikuasai baru disatukan. Setelah itu dilanjutkan untuk menghafal ayat ke tiga, setelah ayat ketiga dikuasai selanjutnya digabungkan dengan ayat pertama dan kedua. Demikian seterusnya hingga semua ayat dalam surah tersebut dapat dihafal dan dikuasai. Adapun hasil yang di peroleh pada Pra Siklus yaitu jumlah keseluruhan 2.120 dengan rata-rata 68,38 dan ketuntasan belajar 64,51%. Pada Siklus I nilai keseluruhan yang diperoleh yaitu 2.580 dengan rata-rata 83,22 dan ketuntasan belajar mengalami peningkatan yaitu 90,32%. Dan pada Siklus II yang merupakan Siklus terakhir pada penelitian ini, nilai keseluruhan yang di dapatkan 2.940 dengan nilai rata-rata 94,83 dan ketuntasan belajar mencapai 100%. Dari hasil penelitian yang telah di jelaskan membuktikan bahwa dengan menggunakan Metode Bagian (Teileren Method) dapat meningkatkan hafalan peserta didik di MIN 1 Bitung. Kata Kunci : Metode Bagian (Teileren Method), Hafalan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 03 Apr 2021 14:44
Last Modified: 03 Apr 2021 14:44
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/153

Actions (login required)

View Item View Item