GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA TENAGA PENDIDIK DI MI AT-TAQWA DAN MTS NURUT TAQWA MANADO

MATANTU, FATMAWATI (2021) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA TENAGA PENDIDIK DI MI AT-TAQWA DAN MTS NURUT TAQWA MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Tesis Full Fatmawati Matantu.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan bagaimana gaya kepemimpinan dan motivasi kerja kepala madrasah dam meningkatkan kinerja tenaga pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap peningkatan motivasi kerjatenaga pendidik. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, penyebaran isntrumen penelitian, dokumentasi, dan triangulasi. Penelitian ini juga melakukan analisis data dan pengecekan keabsahan data. Dari penelitian ini diperoleh penjelasan bahwa gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja tenaga pendidik di MI At-Taqwa dan MTs Nurut Taqwa Manado merupakan tipe gaya kepemimpinan secara demokratif, suportif, kharismatik, dan transformasional. Sedangkan pemberian motivasi kerja kepala madrasah di MI at-Taqwa Manado dan MTs Nurut Taqwa Manado sama-sama dipandang sebagai sosok pemberi teladan kepada bawahannya dengan memberi contoh teladan kepada bawahannya untuk bersikap disiplin, tegas dan tanggungjawab dalam melakukan sesuatu. Selain itu, kepala madrasah dalam memotivasi para tenaga pendidik juga diupayakan agar tenaga pendidik dapat mengembangkan kualitas dan potensi diri bagi setiap tenaga pendidik agar benar-benar menjadi tenaga pendidik yang profesional dalam bidangnya dengan mengikuti berbagai macam pelatihan pengembangan sumber daya guru melalui pendidikan dan pelatihan tenaga pendidik serta workshop peningkatan mutu tenaga pendidik. Sementara kendala yang terjadi di kedua madrasah tersebut adalah iuran pembayaran yang sering terlambat diberikan oleh orangtua siswa. Untuk itu, solusi yang dilakukan untuk meminimalisir kendala tersebut agar menjaga kinerja tenaga pendidik tetap baik adalah dengan diberikan sedikit rezeki oleh kepala madrasah apabila ada rezeki yang didapatkan. Dan terkadang rezeki tambahan tersebut juga datang dari guru-guru pegawai negeri sipil apabila mendapatkan tunjangan Kata Kunci: Gaya, Kepemimpinan, Motivasi, Kinerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 27 Nov 2023 06:45
Last Modified: 27 Nov 2023 06:45
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1511

Actions (login required)

View Item View Item