PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMIK COVID-19 DI SMA NEGERI 1 BOLAANG KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW

MAMONTO, SUSILAWATI (2021) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMIK COVID-19 DI SMA NEGERI 1 BOLAANG KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SUSILAWATI SKRIPSI FIXXX...pdf

Download (5MB)

Abstract

Problematika atau kendala pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan suatu hambatan yang dapat mengakibatkan prosese pembelajaran Pendididikan Agama Islam berjalan tidak efektif sehingga menimbulkan berbagai masalah. Pokok permasalahannya adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, apa saja kendala yang dihadapi guru dan solusi guru pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pandemik covid-19 di SMA Negeri I Bolaang. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskritif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan menggunakan instrumen observasi, instrument wawancara, dan instrumen dokumentasi. Sumber data didapatkan dari data primer dan sekunder dalam teknik penggolahan dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi kemudian untuk penguji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri I Bolaang selama masa pandemik covid-19 berlangsung secara daring online dengan membuat terlebih dahulu RPP sebelum prosese pembelajaran dilaksanakan, menggunakan media seperti Whatsaap dan Google Meet. Kendala yang dialami yakni ada beberapa peserta didik yang tidak memiliki smarphone, kuota dan jaringan yang kadang sering mengalami gangguan, tugas yang terlalu banyak. Untuk mengatasi kendala yang terjadi yakni pihak sekolah melakukan home visit, dan harus bekerja sama dengan para orang tua atau wali murid agar melakukan bimbingan dan juga mendampigi peserta didik selama proses belajar dirumah agar peserta didik menjadi semangat dan termotivasi untuk belajar, serta guru harus menjadikan pembelajaran semenarik mungkin agar peserta didik selalu merasa tidak bosan dengan materi-materi yang disampaikan. Kata kunci : Pembelajaran PAI, Solusi Pembelajaran pada Masa Covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 27 Nov 2023 06:17
Last Modified: 27 Nov 2023 06:17
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1502

Actions (login required)

View Item View Item