SYARIFUDDIN, HAZALIA PUTRI (2021) UPAYA GURU DALAM MENGAMALKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI I KOTA-KOTAMOBAGU. Diploma thesis, IAIN MANADO.
Text
skripsi_hazalia_syarifudin[1].pdf Download (4MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Upaya Guru Dalam Mengamalkan Pendidikan Karakter di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Kotamobagu. Dengan sub masalah yang pertama bagaimana upaya guru dalam mengamalkan pendidikan karakter religius di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Kotamobagu, yang kedua apa saja kendala guru dalam mengamalkan pendidikan karakter religius di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Kotamobagu dan penelitian skripsi ini dibatasi pada masalah upaya guru dalam mengamalkan pendidikan karakter di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Kotamobagu khususnya yang berhubungan dengan karakter religiusitas pada mata pelajaran akidah akhlak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara melalui media sosia dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh data dilapangan data tersebut selanjutnya dianalisis secara deskripsi kualitatif. Berdasarkan hasil temuan dan analisa terhadap data penelitian yaitu upaya guru dalam mengamalkan pendidikan karakter terutama karakter religius baik itu proses pembelajaran internal dan eksternal. Upaya guru secara internal: yang pertama materi akidah akhlak seperti kisah keteladanan nabi, amal sholeh, toleransi. Kedua pembiasaan, sebelum memulai aktivitas belajar guru membiasakan perta didik untuk melaksanakan sholat dhuha, dan dalam proses pembelajaran selalu diawali dengan membacakan doa dan membiasakan peserta didik membacakan Al-qur’an dan Asmaul Husna. Ketiga keteladanan, guru bukan hanya sekedar menjadi pengajar, tetapi harus menjadi panutan bagi peserta didik, kepribadian yang baik dari sosok guru akan memberikan keteladanan yang baik bagi peserta didik maupun masyarakatnya, sehingga guru tampil sebagai sosok yang patut ditiru. Adapun upaya guru secara eksternal: sama halnya dengan proses pembelajaran secara internal hanya saja dalam proses pembelajaran eksternal guru berinteraksi dengan peserta didik melalui media sosial seperti guru membuat video tentang materi akidah akhlak dan dikirim ke youtobe ataupun ke grup kelas melalui aplikasi whatsapp. dan guru membiasakan peserta didik untuk bangun pagi sesuai dengan jam masuk sekolah untuk mengisi daftar hadir melalui grup whatsapp dan seperti biasanya peserta didik harus menggunakan seragam sekolah lengkap beserta atributnya. Kendala secara internal: faktor keluarga, faktor lingkungan, faktor madrasah dan kendala secara eksternal: kurangnya perhatian orang tua, terbatasnya kuota pesera didik, pengaruh negatif dalam penggunaan smartphone. xiii Kata Kunci : Guru, Karakter Religiusitas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 05:39 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 05:42 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1486 |
Actions (login required)
View Item |