THE TEACHERS’ STRATEGIES TO ENCOURAGE STUDENTS’ SELF CONFIDENCE IN SPEAKING SKILL AT SMP NEGERI 1 LIKUPANG

Yusuf, Safwa N. (2021) THE TEACHERS’ STRATEGIES TO ENCOURAGE STUDENTS’ SELF CONFIDENCE IN SPEAKING SKILL AT SMP NEGERI 1 LIKUPANG. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI (SAFWA N. YUSUF).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Safwa N. Yusuf (2021). Strategi Guru Mendorong Kepercayaan Diri Siswa Dalam Keterampilan Berbicara di SMP Negeri 1 Likupang pada tahun akademik 2020/2021. Sebuah tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Lembaga Pelatihan Guru Studi Islam Manado. Bahasa Inggris akan lebih mudah dipelajari jika peserta didik memiliki kepercayaan diri dalam berbicara mereka, semakin baik kontrol kinerja yang lebih baik berbicara dalam bahasa mereka. Dalam penelitian ini, beberapa siswa memiliki banyak masalah dalam berbicara bahasa Inggris, salah satunya adalah kurangnya kepercayaan diri yang membuat mereka gugup untuk berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan 1. Apa strategi guru untuk mendorong kepercayaan diri siswa dalam keterampilan berbicara. 2. Bagaimana guru menerapkan strategi untuk mendorong kepercayaan diri siswa dalam keterampilan berbicara. Penulis menggunakan metode kualitatif. Peserta penelitian adalah dua guru bahasa Inggris dan beberapa siswa dari sembilan kelas SMP Negeri 1 Likupang. Dalam memperoleh data penulis melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sebagai hasil dari penelitian, penulis menemukan beberapa strategi yang digunakan oleh guru untuk mendorong kepercayaan diri siswa dalam keterampilan berbicara. Ada diskusi kelompok kecil, permainan peran, dan sajak. Mengikuti penjelasan tersebut, guru telah menggunakan tahapan dalam mengajar berbicara melalui metode sajak. Hal ini dapat membuat mereka mudah dipahami oleh siswa. Dari implementasi guru ini, penulis juga menemukan bahwa siswa menikmati belajar berbicara melalui diskusi kelompok kecil, permainan peran, dan sajak. Para siswa bisa merasa bebas untuk berinteraksi dengan teman-teman mereka. Selain itu, strategi yang digunakan oleh para guru dirasakan secara positif oleh siswa. Dan itu juga menyiratkan bahwa para guru berhasil mendorong kepercayaan diri siswa dalam keterampilan berbicara. Karena siswa menjadi lebih aktif dan menikmati proses belajar-mengajar di kelas. Kata Kunci: Strategi Guru, Kepercayaan Diri, Keterampilan Berbicara

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:41
Last Modified: 27 Nov 2023 03:41
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1469

Actions (login required)

View Item View Item