Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Nasabah Muslim dan Non-Muslim Pada Produk Tabungan (Studi Kasus Bank Muamalat Indonesia Kota Manado)

Allo, Putri Ayu Rojalia Shara (2021) Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Nasabah Muslim dan Non-Muslim Pada Produk Tabungan (Studi Kasus Bank Muamalat Indonesia Kota Manado). Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berbagai bentuk sistem perbankan di Indonesia telah menciptakan persaingan bebas di mana jutaan nasabah diperebutkan. Pemasaran merupakan kebutuhan dasar untuk memperkenal produk-produk Islami Bank Syariah yang kompetitif dan menarik minat masyarakat kota Manado yang merupakan penduduknya mayoritas beragama non-muslim. Salah satu produk yang diminati adalah produk tabungan. Dengan demikian, strategi pemasaran ialah tanggapan perusahaan terhadap lingkungan dan situasi persaingan yang selalu berubah. Maka dari itu, bagaimanakah strategi pemasaran dalam menarik minat nasabah muslim dan nonmuslim pada produk tabungan Bank Muamalat KC Manado? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pemasaran dalam menarik minat nasabah muslim dan non-muslim pada produk tabungan di Bank Muamalat KC Manado dengan pendekatan segmenting, targeting, dan positioning. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, wawancara dilakukan kepada 5 informan di Bank Muamalat KC Manado. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mereduksi, menyajikan dan menyimpulkan/verifikasi data. Dari hasil penelitian diketahui strategi pemasaran yang dilihat dari segmenting, targeting, dan positioning dalam menarik minat nasabah pada produk tabungan. Pada segmen pasarnya mencakup semua kalangan masyarakat muslim dan nonmuslim dari segi umur, agama, pekerjaan dan status sosial disesuaikan dengan karakteristik produk-produk tabungan. Kemudian untuk target pasar adalah semua segmen pasar masuk dalam target produk tabungan dengan menggunakan strategi referensi. Dalam memosisikan produk tabungan yaitu dengan sosialisasi, pendekatan langsung yang tidak jauh berbeda pada nasabah muslim dan nonmuslim serta menonjolkan keunggulan dari produk tabungan yang belum dimiliki atau kompetitif berupa tabungan iB Hijrah dan iB Hijrah Prima Berhadiah. Kata Kunci: Minat Nasabah, Produk Tabungan, Strategi Pemasaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi > Manajemen > Manajemen Pemasaran
Ekonomi > Manajemen > Manajemen Pemasaran

Ekonomi > Perbankan
Ekonomi > Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:13
Last Modified: 27 Nov 2023 03:13
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1451

Actions (login required)

View Item View Item