PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU MADRASAH DI MTs NEGERI 1 MANADO

SUWIKROMO, ANISA (2021) PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU MADRASAH DI MTs NEGERI 1 MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
skripsi anisa suwikromoo-1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu madrasah di Mts N 1 Manado” adapun pokok permasalahan Bagaimana Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu madrasah di MTs N 1 Manado, serta Apa saja Faktor pendukung dan penghambat Peran Komite sekolah dalam meningkatkan mutu madrasah di Mts N 1 Manado. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peran yang di lakukan komite sekolah serta peran seperti apa yang dilakukan komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Mts Negeri 1 Manado Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif, penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Proses dan makna lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Yang mana peneliti akan menguraikan mengenai peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu madrasah di MTs Negeri 1 Manado Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) peran komite sekolah: (a) sebagai pemberi pertimbangan, peran komite sekolah di Mts Negeri 1 Manado meliputi musywarah dan duduk bersama ketika ada program baru,(b) sebagai badan pendukung, peran komite sekolah di Mts Negeri 1 Manado yaitu komite sekolah membantu membiayai kegiatan yang tidak terdaftar dalam dana bos , (c) sebagai pengontrol, peran komite sekolah di Mts Negeri 1 Manado meliputi mengontrol atau melakukan pengawasan terhadap kebijakan kepala sekolah dan program kerja sekolah, (d) sebagai mediator, peran komite sekolah di Mts Negeri 1 Manado banyak memberi manfaat, yang mana aspirasi siswa dan orang tua dapat tersalurkan dan terwakilkan.(2) faktor pendukung dan penghambat: (a) faktor pendukung komite sekolah yaitu komunikasi dan koordinasi yang sudah baik dan harmonis antara sekolah dengan komite sekolah, adanya saling keterbukaan antara komite sekolah dengan sekolah. (b) faktor penghambat yaitu kurangnya koordinasi dan tidak ada waktu untuk aktif berorganisasi disebabkan karena latar belakang anggota komite sekolah mempunyai pekerjaan masing-masing, sehingga susahnya koordinasi antar anggota komite sekolah, kemudian mewabahnya Covid-19 yang mengakibatkan susahnya memberikan pengertian kepada anggota komite yaitu wali murid ketika ada kebijakan baru Kata kunci: Komite Sekolah, Mutu pendidikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 27 Nov 2023 02:18
Last Modified: 27 Nov 2023 02:22
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1433

Actions (login required)

View Item View Item