Setiawan, Meilan (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN DI KELAS V MIN 1 MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.
Text
SKRIPSI FIX MEILAN SETIAWAN pdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar PKN dengan penerapan pembelajaran berorientasi aktivitas siswa (PBAS) di kelas V MIN 1 Manado. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V MIN 1 Manado Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan guru serta hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran berorientasi aktivitas siswa (PBAS) dapat meningkatkan hasil belajar dan juga penguasaan siswa tentang materi PKN di kelas V MIN 1 Manado dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang telah dilakukan yang menunjukkan adanya peningkatan penguasaan siswa tentang materi PKN, yaitu pra siklus, Siklus I, dan Siklus II secara berturut-turut yaitu 16%, 20%, dan 92%. Dengan demikian, tindakan yang telah dilakukan sudah sesuai dengan perencanaan yang telah disusun peneliti sebelumnya dan mencapai hasil belajar yang diharapkan. Kata Kunci : Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS), Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 01:31 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 01:31 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1412 |
Actions (login required)
View Item |