THE EFFECTIVENESS OF SMALL GROUP DISCUSSION IN ENGLISH SPEAKING ABILITY AT SEVENTH GRADE OF MTs N 1 KOTAMOBAGU

Bangkele, Chysillia Insyira Higina (2021) THE EFFECTIVENESS OF SMALL GROUP DISCUSSION IN ENGLISH SPEAKING ABILITY AT SEVENTH GRADE OF MTs N 1 KOTAMOBAGU. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI CHYSILLIA INSYIRA HIGINA BANGKELE.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRACT Nama : Chysillia Insyira Higina Bangkele NIM : 17.2.6.025 Prodi : English Education Study Program Fakultas : Tarbiyah and Teacher Training Faculty Judul : The Effectiveness of Small Group Discussion in English Speaking Ability at Seventh Grade of MTs N 1 Kotamobagu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Small Group Discussion dalam kemampuan berbicara bahasa Inggris di kelas VII MTs N 1 Kotamobagu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs N 1 Kotamobagu tahun ajaran 2021/2022. Jumlah populasi adalah 76 siswa, dari dua kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan melalui clustering sampling. Dalam penelitian ini peneliti mengambil dua kelas, kelas pertama adalah kelas 7 F sebagai kelas eksperimen dan kelas 7 A sebagai kelas kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Peneliti memberikan treatment pada kelas eksperimen dengan menggunakan Small Group Discussion sebagai treatment dalam penelitian ini. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dengan memberikan pre-test, treatment dan post-test siswa, kemudian data dianalisis menggunakan rumus t-test dengan membandingkan rata-rata selisih skor pre-test dan post-test. Pencapaian kemampuan berbicara siswa dapat dilihat dari rata-rata nilai pre-test. Di kelas 7 F sebagai kelas Eksperimen, rata-rata pre-test adalah 50 dari 10 siswa dengan persentase 26%. Pada kelas 7 A sebagai kelas Kontrol, rata-rata pre-test adalah 53 dari 7 siswa dengan persentase 18%. Sedangkan pada post-test di kelas Eksperimen adalah 78 dari 8 siswa dengan persentase 21%. Di kelas Kontrol adalah 75 dari 2 siswa dengan persentase 5%. Disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa pada kelas 7 F sebagai kelas Eksperimen lebih tinggi dari pada kelas 7 A sebagai kelas Kontrol. Tingkat signifikansi ditetapkan adalah 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t-test 5,681 lebih tinggi dari t-tabel 3,12 dengan derajat kebebasan (df) sebesar 74 (n1 + n2 – 2). Karena itu; disimpulkan bahwa ada keefektifan Small Group Discussion terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VII MTs N 1 Kotamobagu. Total selisih skor kelas eksperimen adalah 1466, lebih v tinggi dari total selisih skor kelas kontrol yaitu 863. Dengan asumsi hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Karena itu; disimpulkan bahwa ‘ada keefektifan Small Group Discussion terhadap kemampuan berbicara siswa kelas tujuh di MTs N 1 Kotamobagu’

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2023 07:06
Last Modified: 24 Nov 2023 07:06
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1391

Actions (login required)

View Item View Item