ANALISIS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X DI MA AL-AQSHA KENDAHE KAB. KEPULAUAN SANGIHE

RABANA, DEWI KURNIATI (2020) ANALISIS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X DI MA AL-AQSHA KENDAHE KAB. KEPULAUAN SANGIHE. Diploma thesis, IAIN Manado.

[img] Text
SKRIPSI DEWI KURNIATI RABANA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Penggunaan Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X di MA al-Aqsha Kendahe”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Mind Mapping pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA al-Aqsha Kendahe dan mengetahui apakah dengan metode pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA al-Aqsha Kendahe. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun subjek penelitian yang dijadikan sumber dalam penelitian ini adalah 11 (sebelas) informan, 10 (sepuluh) informan siswa (kelas X) dan 1 (satu) informan guru. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data diperoleh dari sumber data primer dan data sekunder. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis Milez dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan dilakukan melalui triangulasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa, 1) Penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA al-Aqsha Kendahe, dari segi siswa: siswa aktif, antusias dalam belajar dan membantu siswa meringkas dan mempelajari materi dengan mudah dan menyenangkan. Adapun dari segi guru: guru telah melaksanakan langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan metode Mind Mapping, adanya keterlibatan guru dalam membuat Mind Mapping. 2) Penggunaan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai siswa setelah diterapkan metode Mind Mapping dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam rata-rata memperoleh nilai di atas 80 bahkan ada beberapa yang mencapai angka 95 sedangkan sebelum diterapkan metode Mind Mapping rata-rata siswa memperoleh nilai di bawah dari 80. Jadi dengan demikian, untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam guru dapat menerapkan metode, model dan strategi pembelajaran yang inovatif sesuai dengan materi pembelajaran, salah satunya menggunakan metode Mind Mapping. Kata kunci: metode mind mapping, hasil belajar, Sejarah Kebudayaan Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 27 Mar 2021 12:24
Last Modified: 27 Mar 2021 12:24
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/138

Actions (login required)

View Item View Item